Afriani, Afinda Rahma (2017) Hubungan antara capaian akreditasi program keahlian dan produktivitas kerja pendidik mata pelajaran produktif di Sekolah Menengah Kejuruan se-kota Malang / Afinda Rahma Afriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Afriani Afinda Rahma. 2017. Hubungan antara Capaian Akreditasi Program Keahlian dan Produktivitas Kerja Pendidik Mata Pelajaran Produktif di SMK se Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (2) Dr. Asep Sunandar S.Pd. M.AP. Kata kunci akreditasi program keahlian produktivitas kerja Kualitas suatu program keahlian dapat dilihat dari status akreditasinya. Program keahlian yang telah mengikuti akreditasi akan mendapat peringkat A B atau C sesuai dengan tingkat kelayakan yang telah dinilai berdasarkan criteria tertentu oleh badan berwenang. Kegiatan akreditasi yang dilaksanakan oleh lembaga berwenang tentunya bersifat objektif dan dapat menjadi tolak ukur dalam menilai kualitas atau mutu suatu sekolah. Semakin berkualitas suatu sekolah akan semakin meningkatkan semangat dan motivasi pendidik dalam memberikan pelayanannya baik dalam mengajar ataupun dalam hal lain. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Mendeskripsikan tingkat capaian akreditasi program keahlian di SMK se-Kota Malang (2) Mendeskripsikan tingkat produktivitas kerja pendidik mata pelajaran produktif di SMK se-Kota Malang dan (3) Menemukan hubungan antara tingkat capaian akreditasi program keahlian dan produktivitas kerja pendidik mata pelajaran produktif di SMK se-Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif-korelasional. Teknik pengambilan sampel sekolah yaitu dengan menggunakan Formula Slovin dari keseluruhan jumlah sekolah dan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau instrumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi spearman rank. Objek penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran produktif di SMK se Kota Malang yang berada di program keahlian terakreditasi A B maupun C. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 122 program keahlian selanjutnya populasi diolah menggunakan menggunakan Formula Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 93 program keahlian. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah (1) Capaian akreditasi program keahlian di SMK se-Kota Malang tergolong pada kategori tinggi (2) Produktivitas kerja pendidik mata pelajaran produktif di SMK se-Kota Malang tergolong pada kategori tinggi dengan kata lain umumnya pendidik mata pelajaran produktif dalam menjalankan tugasnya tergolong sangat baik dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara capaian akreditasi program keahlian dan produktivitas kerja pendidik mata pelajaran produktif di SMK se-Kota Malang. Hal ini dapat diartikan semakin tinggi capaian akreditasi suatu program keahlian maka semakin tinggi produktivitas kerja pendidik mata pelajaran produktif di SMK se-Kota Malang. Begitu pula sebaliknya semakin rendah capaian akreditasi suatu program keahlian maka semakin rendah produktivitas kerja pendidik mata pelajaran produktif di SMK se-Kota Malang. Saran penelitian ini tertuju bagi (1) Bagi Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur hendaknya mengadakan pelatihan atau studi lebih lanjut untuk pendidik mengenai produktivitas kerja pendidik khususnya pendidik mata pelajaran produktif (2) Bagi Kepala SMK se Kota Malang diharapkan mampu memberikan dukungan dan motivasi kepada para pendidik agar dapat menjalankan tugasnya dengan lebih maksimal sehingga pendidik mampu meningkatkan produktivitas kerjanya dalam menjalankan tugasnya guna meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus capaian akreditasi program keahliannya. (3) Bagi Pendidik Mata Pelajaran Produktif SMK se Kota Malang hasil penelitian ini diharapkan dapat membuat pendidik meningkatkan kualitas kerjanya sehingga pendidik mampu meningkatkan produktivitas kerjanya dengan baik guna meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus capaian akreditasi program keahliannya (4) Bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan maupun kajian tentang produktivitas kerja pendidik sehingga Ketua Jurusan bisa memberikan motivasi dan dukungan kepada tenaga pendidik (5) Bagi Mahasiswa hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan terhadap mahasiswa mengenai produktivitas kerja pendidik mata pelajaran produktif pada program keahlian berstatus akreditasi A B dan C dan (6) Bagi Penenliti Lain hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan rujukan atau referensi dalam sebuah penelitian yang berkaitan dengan produktivitas kerja pendidik hendaknya dapat dikembangkan lebih lanjut dengan fokus penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:42 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3833 |
Actions (login required)
View Item |