Ningtyas, Paulina Retno (2024) Pengaruh model problem based learning berkonteks socio scientific issue (ssi) pada materi sistem reproduksi manusia terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas xi SMAN 2 MALANG / Paulina Retno Ningtyas</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang perlu dikuasai dan ditingkatkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berkonteks socio scientific issue (ssi) pada materi sistem reproduksi manusia terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMAN 2 Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi 5 soal esai untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan 10 soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa yang telah divalidasi oleh Dosen Ahli. Hasil akhir penelitian diperoleh bahwa model PBL berkonteks SSI memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia. Dengan demikian PBL berkonteks SSI menjadi salah satu bentuk inovasi pembelajaran bagi para guru untuk mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |