Nurjannah, Dian Wahyu (2024) Pengembangan media pembelajaran biodakon berbasis model teams games tournament pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi / Dian Wahyu Nurjannah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Learning Ownership siswa yang belum difokuskan dalam pembelajaran menyebabkan kurangnya sikap kepemilikan siswa terhadap proses pembelajaran. Media pembelajaran yang hanya terbatas pada PPT LKPD dan buku paket menyebabkan siswa merasa jenuh kurang termotivasi dan kurang terlibat sehingga berdampak pada menurunnya hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan produk media BiodakonSistem Koordinasi yang telah teruji kevalidan kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan Learning Ownership dan hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI Mapil Biologi 2 SMAN 6 Malang. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model desain dan pengembangan ADDIE. Hasil implementasi penelitian meliputi data dari validasi oleh validator ahli dan angket respon siswa sebagai pengguna Biodakon. Hasil validasi menunjukkan bahwa Biodakon mendapatkan persentase 97 22% dari validator media 99 24% dari validator materi dan 92 86% dari validator perangkat pembelajaran. Data kepraktisan Biodakon yakni sebesar 74 84%. Hasil analisis dari keempat uji menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah dinyatakan valid praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |