Penerapan model problem-based learning berbantuan digital mind map untuk meningkatkan learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMAN 6 MALANG / Ajeng Retno Astrini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem-based learning berbantuan digital mind map untuk meningkatkan learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMAN 6 MALANG / Ajeng Retno Astrini</p>

Astrini, Ajeng Retno (2024) Penerapan model problem-based learning berbantuan digital mind map untuk meningkatkan learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMAN 6 MALANG / Ajeng Retno Astrini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menekankan keterampilan pemahaman kreativitas kolaborasi dan kemampuan berbicara yang mendorong siswa untuk memiliki tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri (learning ownership). Tes awal kelas X-10 SMAN 6 Malang menunjukkan tingkat learning ownership yang rendah dengan ketuntasan hasil belajar kognitif hanya 43 75%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan digital mind map dalam meningkatkan learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Kemmis McTaggart and Nixon (2014). Data learning ownership dianalisis menggunakan software ATLAS.ti sedangkan data hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan N-gain score. Menurut hasil penelitian peningkatan learning ownership dan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I motivasi keterlibatan orientasi tujuan pengarahan diri efikasi diri dan kepercayaan diri siswa masih rendah. Pada siklus II penerapan strategi pembagian tugas yang lebih merata pendekatan kolaboratif dan pemanfaatan digital mind map meningkatkan semua aspek tersebut serta keterlibatan belajar manajemen diri metakognisi pemantauan diri dan ketekunan belajar. Terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar kognitif siswa dari siklus I ke siklus II menggunakan aplikasi SPSS. Nilai rata-rata N-gain Score adalah 0 59 berada dalam kategori N-gain sedang. Sebaliknya pada siklus II nilai rata-rata N-gain Score meningkat menjadi 0 77 berada dalam kategori N-gain tinggi menunjukkan perbaikan yang lebih baik dalam hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/383216

Actions (login required)

View Item View Item