Badriyah, Lailatul (2024) Pengaruh model problem-oriented project based learning (popbl) pada materi sistem reproduksi manusia terhadap keterampilan berpikir kritis, literasi digital, dan keterampilan komunikasi siswa SMAN 2 Blitar / Lailatul Badriyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis literasi digital dan keterampilan komunikasi merupakan beberapa keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan abad 21. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang meliputi observasi wawancara dan tes awal keterampilan tersebut belum dikembangkan secara optimal di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model POPBL pada materi sistem reproduksi terhadap keterampilan berpikir kritis literasi digital dan keterampilan komunikasi siswa SMAN 2 Blitar. Dalam penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMAN 2 Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan satu kelas kontrol yang menerapkan model PBL (XI C) dan satu kelas eksperimen dengan menerapkan model POPBL (XI B). Keterampilan berpikir kritis diukur menggunakan tes awal dan tes akhir sedangkan literasi digital dan keterampilan komunikasi diukur menggunakan angket awal dan akhir. Keseluruhan data dari hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rerata nilai kemampuan berpikir kritis literasi digital dan keterampilan komunikasi antara kelas kontrol dan eksperimen dengan signifikansi (p level 0 000 lt alpha 0 05) yang berarti penerapan model POPBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis literasi digital dan keterampilan komunikasi. Jadi penerapan model POPBL pada materi sistem reproduksi manusia berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis literasi digital dan keterampilan komunikasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |