Pengembangan lkpd berbasis guided inquiry terintegrasi virtual plants augmented reality (var) pada materi keanekaragaman tumbuhan tingkat tinggi untuk melatih minat belajar dan literasi teknologi siswa kelas x sman 1 sumberpucung / Binti Rodhiatul Hidayah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lkpd berbasis guided inquiry terintegrasi virtual plants augmented reality (var) pada materi keanekaragaman tumbuhan tingkat tinggi untuk melatih minat belajar dan literasi teknologi siswa kelas x sman 1 sumberpucung / Binti Rodhiatul Hidayah</p>

Hidayah, Binti Rodhiatul (2024) Pengembangan lkpd berbasis guided inquiry terintegrasi virtual plants augmented reality (var) pada materi keanekaragaman tumbuhan tingkat tinggi untuk melatih minat belajar dan literasi teknologi siswa kelas x sman 1 sumberpucung / Binti Rodhiatul Hidayah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut siswa mampu beradaptasi di era digitalisasi dan revolusi industri 4.0 dengan menguasai keterampilan teknologi media dan informasi yang diperlukan untuk mengelola banyaknya informasi yang beredar. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran mempengaruhi minat belajar siswa. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa kurang berminat dalam pembelajaran tanpa menggunakan smartphone namun kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi masih terbatas pada browsing dan akses Youtube. Oleh karena itu dikembangkan media pembelajaran berupa LKPD berbasis guided inquiry terintegrasi VAR yang bertujuan untuk melatih minat belajar dan literasi teknologi siswa. LKPD berbasis guided inquiry terintegrasi VAR dikembangkan menggunakan model Lee amp Owens (2004). Hasil validasi materi oleh validator ahli materi memperoleh nilai validitas 98 33%. Hasil validasi media oleh validator ahli media dan praktisi secara berturut-turut memperoleh nilai validitas 98 53% dan 98 17%. Hasil validasi memperoleh kriteria sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji kepraktisan memperoleh rata-rata nilai 81 29% dengan kriteria cukup praktis atau dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa terjadi perubahan hasil minat belajar dan literasi teknologi siswa dari kriteria cukup dan pemula menjadi baik dan dasar pada small group trial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/383208

Actions (login required)

View Item View Item