Hariyanti, Irma Putri (2024) Pengembangan modul keanekaragaman tumbuhan tingkat tinggi terintegrasi augmented reality (ar) berbasis model pembelajaran discovery learning untuk melatih literasi digital dan minat belajar siswa kelas x sma laboratorium um / Irma Putri Hariyanti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abad ke-21 ditandai dengan kemajuan informasi dan teknologi yang menimbulkan dampak pada minat belajar siswa termasuk dalam pembelajaran biologi. Literasi digital menjadi salah satu solusi dalam mendongkrak minat belajar siswa seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi Terintegrasi Augmented Reality (AR) Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning yang valid dan praktis untuk melatih literasi digital serta minat belajar siswa kelas X SMA Laboratorium UM. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan analyze design develop implement dan evaluate. Tahap implementasi tidak dilakukan dalam penelitian ini dan hanya terbatas pada uji coba lapangan di tahap develop. Validitas modul yang diperoleh dari validasi oleh ahli perangkat materi media dan praktisi pendidikan biologi berturut-turut adalah 81 55% 100% 98 60% dan 98 60%. Kepraktisan modul diperoleh dari respon siswa yang mencapai 81 55% literasi digital siswa sebesar 78 71% dan minat belajar siswa sebesar 81 40%. Hasil ini mengindikasikan bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis digunakan untuk melatih literasi digital dalam kategori cukup dan minat belajar siswa dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |