Implementasi model pembelajaran popbl berbasis life based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan learning ownership pada pembelajaran biologi siswa kelas xii man kota batu / Farah Faradisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran popbl berbasis life based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan learning ownership pada pembelajaran biologi siswa kelas xii man kota batu / Farah Faradisa

Faradisa, Farah (2023) Implementasi model pembelajaran popbl berbasis life based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan learning ownership pada pembelajaran biologi siswa kelas xii man kota batu / Farah Faradisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan kolaborasi siswa kelas XII MIPA 1 MAN Kota Batu masih perlu ditingkatkan pasca pandemi. Berdasarkan hasil observasi keterampilan kolaborasi siswa kelas XII MIPA 1 masih di level 1 (dasar) dan 2 (sedang). Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran POPBL berbasis LBL untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi hasil belajar serta Learning Ownership siswa. Penelitian ini merupakan penelitian PTK berbasis Lesson Study yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa model pembelajaran POPBL berbasis LBL mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi sampai dengan level 3 (terlatih) dan 4 (tinggi). Learning Ownership siswa memiliki 5 tema yang masing-masing kategori meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan keterampilan kolaborasi dan Learning Ownership disertai meningkatnya hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif afektif maupun psikomotorik. Rerata hasil belajar kognitif siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan N-gain 0 6 yang termasuk kategori sedang. Hasil belajar afektif meningkat dari siklus I ke siklus II dengan N-gain sikap spiritual (0 8) nilai (0 7) konsep diri (0 6) minat (0 5) serta sikap ilmiah (0 4). Hasil belajar psikomotorik juga meningkat dari siklus I ke siklus II dengan N-gain 0 7 yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:29
Last Modified: 20 Aug 2025 06:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/383206

Actions (login required)

View Item View Item