Pengembangan media pembelajaran mind of digestive board game berbasis model cbl (case-based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa / PUTRI EMYLIA RACHMASARI</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mind of digestive board game berbasis model cbl (case-based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa / PUTRI EMYLIA RACHMASARI</p>

Rachmasari, Putri Emylia (2024) Pengembangan media pembelajaran mind of digestive board game berbasis model cbl (case-based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa / PUTRI EMYLIA RACHMASARI</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Mind of Digestive board game berbasis model CBL (Case-Based Learning) yang valid praktis dan efektif pada materi Sistem Pencernaan Manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Kevalidan media diketahui dari hasil validasi oleh validator media materi dan praktisi pendidikan. Kepraktisan media diketahui dari hasil angket respon kepraktisan oleh siswa dan guru. Keefektifan media diketahui dari hasil pretest dan posttest yang dilanjutkan analisis N-gain. Hasil validasi media oleh validator media sebesar 96% validator materi sebesar 100% dan validator praktisi pendidikan sebesar 100%. Hasil angket respon kepraktisan oleh siswa sebesar 96% dan oleh guru sebesar 100%. Hasil uji N-gain keterampilan berpikir kritis diperoleh skor N-gain sebesar 0 70 (kriteria sedang) dan persentase N-gain sebesar 70% (cukup efektif). Hasil uji N-gain hasil belajar kognitif diperoleh skor N-gain sebesar 0 62 (kriteria sedang) dan persentase N-gain sebesar 62% (cukup efektif). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Mind of Digestive board game berbasis model CBL dinyatakan valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/383202

Actions (login required)

View Item View Item