Itsnaini, Nurul Ursyiyah (2024) Penerapan pendekatan learning ownership berbasis project based learning (pjbl) pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas S-C SMAS Diponegoro Tumpang / Nurul Ursyiyah Itsnaini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya keterampilan kolaborasi siswa kelas X-C SMAS Diponegoro Tumpang berdampak signifikan terhadap hasil belajar kognitif. Berdasarkan self assessment diperoleh rata-rata nilai keterampilan kolaborasi siswa yaitu 59 5 dengan kategori dasar (basic). Persentase ketuntasan klasikal siswa pada ulangan harian materi Bioteknologi sebesar 46 15% (dari 26 siswa hanya 12 siswa yang mampu mencapai nilai di atas Kriteria Ketercapaian Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan pendekatan Learning Ownership berbasis Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tahapan PTK yang digunakan mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Setiap siklus PTK terintegrasi dengan tahapan Lesson Study yaitu plan (rencana) do (aksi) dan see (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Learning Ownership berbasis Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi hasil belajar kognitif dan kepemilikan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai keterampilan kolaborasi siswa pada siklus I sebesar 73 33 dan pada siklus II 92 32 dengan N-Gain Score sebesar 0 70 termasuk kategori tinggi. Hasil belajar kognitif siklus I pada pretest sebesar 64 dan posttest sebesar 81 dengan N-gain score sebesar 0 47 yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada siklus II rerata pretest siswa sebesar 70 dan posttest sebesar 93 dengan N-gain score sebesar 0 77 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |