Khoirunnisa, Wulidiya (2024) Pengembangan E-LKPD terintegrasi tujuan SDGS kehidupan sehat dan sejahtera untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan komunikasi siswa fase e pada materi virus di SMAN 1 Pandaan / Wulidiya Khoirunnisa\'</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan tentang kehidupan sehat dan sejahtera perlu diajarkan karena dapat mempengaruhi masa depan siswa. Melalui media pembelajaran SDGs kehidupan sehat dan sejahtera dapat diintegrasikan. Seiring perkembangan zaman media pembelajaran dapat diinovasikan berbasis elektronik yang dapat merangsang motivasi dan komunikasi siswa saat belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan E-LKPD terintegrasi SDGs kehidupan sehat dan sejahtera pada materi virus serta mengetahui dan menganalisis kelayakan yang meliputi kevalidan kepraktisan dan keefektifan E-LKPD. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Lee amp Owens yang meliputi tahapan assessment/analysis design development implementation dan evaluation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) uji kevalidan oleh ahli materi ahli media dan guru biologi masing-masing diperoleh rerata 99% (sangat valid) (2) uji kepraktisan oleh guru dan siswa diperoleh rerata 90% (sangat praktis) (3) uji keefektifan menunjukkan peningkatan motivasi belajar dengan N-gain score 83 56% dengan kategori efektif. Pada keterampilan komunikasi diperoleh N-gain score 80 29% dengan kategori efektif. Dengan demikian E-LKPD terintegrasi tujuan SDGs kehidupan sehat dan sejahtera pada materi virus dinyatakan valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan komunikasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |