Nikmaturofiah, (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis open inquiry pada materi ekosistem untuk melatih keterampilan inisiatif peserta didik Kelas X SMA Negeri Ngoro Jombang / Amalia Nikmaturofiah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan inisiatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dikembangkan dan disempurnakan oleh setiap individu peserta didik untuk menghadapi abad ke-21. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R amp D) yang akan menghasilkan seperangkat LKPD berbasis open inquiry komprehensif yang valid juga praktis untuk untuk dipergunakan dalam pembelajaran biologi dalam melatihkan keterampilan inisiatif peserta didik kelas X. Dalam menyusun dan menghasilkan produk LKPD digunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi tanpa tahap implementasi sehingga dilakukan pengembangan melalui tahapan Analyze (Analisis) Design (Desain) Develop (Pengembangan) dan Evaluate (Evaluasi). Data kuantitatif dikumpulkan melalui uji validitas dan praktikalitas yang dievaluasi secara deskriptif sedangkan data kualitatif berupa saran serta komentar dari validator ahli dan peserta didik dipelajari dan dianalisis sebagai landasan perbaikan LKPD. Temuan penelitian memperlihatkan bahwasanya LKPD sudah valid dengan rerata nilai validator ahli perangkat pembelajaran ahli materi ahli media dan bahan ajar serta praktisi pendidikan biologi berturut-turut adalah 100% 100% 96 74% dan 90 52%. LKPD juga dinyatakan praktis berdasarkan uji kepraktisan peserta didik dengan rerata nilai kepraktisan 86 49%. Dengan demikian LKPD berbasis open inquiry materi ekosistem yang telah valid dan praktis dapat diimplementasikan untuk meningkatkan keterampilan inisiatif peserta didik dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |