Pramesty, Icha Wulan (2024) Pengembangan lkpd berbasis think pair share untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis pada materi keanekaragaman makhluk hidup / Icha Wulan Pramesty</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penyelesaian permasalahan tentu melibatkan keterampilan berpikir kritis. Namun pada kenyataannya keterampilan berpikir kritis siswa SMA Islam NU pujon masih perlu diberdayakan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Think Pair Share pada materi keanekaragaman makhluk hidup yang valid dan praktis sehingga dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa. Produk yang dikembangkan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi tanpa tahapan implementasi. Model pembelajaran yang digunakan yaitu Think Pair Share. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas X SMA Islam NU Pujon. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) uji kevalidan perangkat pembelajaran didapatkan hasil rerata skor 100% dengan kategori produk sangat valid (2) uji kevalidan materi didapatkan hasil rerata skor 100% dengan kategori produk sangat valid (3) uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan biologi didapatkan hasil rerata skor 87 62% dengan kategori produk praktis (4) uji kepraktisan oleh siswa didapatkan hasil rerata skor 86 84% dengan kategori praktis. Dari hasil tersebut didapati bahwa LKPD layak untuk digunakan sebagai proses peningkatan kualitas pembelajaran dengan melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Diharapkan penelitian pengembangan selanjutnya dapat melakukan uji keefektivan produk LKPD berbasis Think Pair Share agar dapat mengukur keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |