Pengembangan media pembelajaran flipbook digital berbasis pendekatan socio scientific issue (ssi) pada materi perubahan lingkungan untuk menumbuhkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas x di sma islam nu pujon / Denisa Cahyani Putri H</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran flipbook digital berbasis pendekatan socio scientific issue (ssi) pada materi perubahan lingkungan untuk menumbuhkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas x di sma islam nu pujon / Denisa Cahyani Putri H</p>

Putri H, Denisa Cahyani (2024) Pengembangan media pembelajaran flipbook digital berbasis pendekatan socio scientific issue (ssi) pada materi perubahan lingkungan untuk menumbuhkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas x di sma islam nu pujon / Denisa Cahyani Putri H</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep pendidikan era 4.0 menuntut siswa untuk menemukan konsep berdasarkan pengalaman belajar dan memanfaatkan teknologi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan flipbook digital berbasis pendekatan socio scientific issue (SSI) pada materi perubahan lingkungan yang valid dan praktis untuk menumbuhkan motivasi serta kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah research and development (R amp D) dengan model pengembangan Lee and Owens yang terdiri dari 5 tahapan yaitu penilaian/analisis multimedia prosedur desain multimedia pengembangan multimedia implementasi multimedia dan evaluasi multimedia. Validasi diukur melalui uji validasi ahli materi ahli media dan praktisi. Kepraktisan diukur melalui angket motivasi dan kemandirian belajar lembar observasi dan respon siswa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X-1 di SMA Islam NU Pujon yang dianalisis melalui deskriptif kuantitatif. Hasil rata-rata validasi 93 6% (sangat valid). Hasil kepraktisan flipbook digital menunjukkan peningkatan terhadap motivasi dan kemandirian belajar siswa. Skor N-Gain yang didapatkan dari motivasi belajar sebesar 0 67 (sedang) sedangkan kemandirian belajar mendapatkan skor N-Gain sebesar 0 66 (sedang). Observasi motivasi belajar mendapatkan rata-rata 94 3% (sangat kuat) dan kemandirian belajar 94 9% (sangat kuat) sesuai dengan indikator dan menunjukkan respon siswa 88 25% (sangat praktis). Flipbook digital berbasis pendekatan SSI pada materi perubahan lingkungan dapat menumbuhkan motivasi dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/383182

Actions (login required)

View Item View Item