Nisa, Aulia Choirin (2024) Penerapan media pembelajaran kartu 3d berbasis augmented reality dengan model case based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas x sman ngoro jombang / Aulia Choirin Nisa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar dengan tenang dan menyenangkan dengan fokus pada kebebasan dan pemikiran. Kolaborasi dalam konteks pelajar Pancasila mengajarkan pentingnya bekerja sama dalam tim mendengarkan pendapat menghargai perbedaan dan mencari solusi bersama. Meskipun keterampilan kolaborasi penting berdasarkan hasil literatur menunjukkan rendahnya kemampuan tersebut di kalangan siswa. Hal ini sejalan dengan hasil observasi dan peer assessment pada siswa SMA yang menunjukkan sikap kolaboratif yang masih rendah. Hasil belajar kognitif siswa juga rendah hanya 40% dari 100%. Masalah ini dapat disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini mengusulkan penggunaan Case Based Learning (CBL) Sebuah model berbasis konstruktivisme yang menekankan pemecahan masalah melalui studi kasus. CBL dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa. Untuk lebih meningkatkan pengalaman pembelajaran model ini diintegrasikan dengan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Jenis penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CBL dengan media AR cukup meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |