Oktaverina, Aurelia (2024) Pengembangan ensiklopedia digital angiospermae untuk melatihkan sikap konservasi dan hasil belajar kognitif / Aurelia Oktaverina</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepedulian masyarakat terhadap keanekaragaman hayati saat ini dinilai sangat kurang tetapi dapat ditanamkan sejak dini melalui pendidikan dengan melibatkan lingkungan sekitar sebagai bahan pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa dibutuhkan media yang memanfaatkan potensi keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar secara maksimal. Peneliti mengembangkan media ensiklopedia digital angiospermae yang membahas tumbuhan di sekolah dengan tujuan melatihkan sikap konservasi dan hasil belajar kognitif pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Pengembangan dan penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee amp Owens. Ensiklopedia Digital Angiospermae dibuat dengan Google Sites. Penelitian dimulai pada bulan Maret - Juli 2024 dilaksanakan di SMA 2 Blitar. Hasil validasi media Ensiklopedia Digital Angiospermae oleh ahli media dan praktisi tergolong dalam kategori sangat valid adalah 95% dan 91.25%. Hasil validasi media oleh ahli materi yakni 80 55% yang tergolong dalam kategori cukup valid. Hasil uji kepraktisan media kepada siswa kelas X.3 dengan jumlah 37 siswa menunjukkan bahwa sangat praktis dengan rerata nilai kepraktisan adalah 87%. Berdasarkan hasil pada uji kepraktisan menunjukkan bahwa terdapat perubahan hasil yang sangat baik pada beberapa aspek tindakan sikap konservasi serta perubahan kognitif berdasarkan kemampuan mayoritas siswa yang berhasil menjawab benar pada butir soal yang tergolong HOTS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |