Pengembangan media pembelajaran biologi board game treasure hunt berbasis guided inquiry learning pada materi plantae untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMA Surya Buana MALANG / Anisa Vira Syaharani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran biologi board game treasure hunt berbasis guided inquiry learning pada materi plantae untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMA Surya Buana MALANG / Anisa Vira Syaharani</p>

Syaharani, Anisa Vira (2024) Pengembangan media pembelajaran biologi board game treasure hunt berbasis guided inquiry learning pada materi plantae untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMA Surya Buana MALANG / Anisa Vira Syaharani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut siswa mampu menguasai literasi sains yang berpengaruh pada hasil belajar kognitif siswa. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa SMA Surya Buana tergolong rendah dan hampir seluruh siswa tidak memenuhi KKM. Tujuan utama penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis permainan dan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) berupa board game pada materi kingdom Plantae yang valid praktis dan efektif dalam meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA. Proses pengembangan board game mengikuti model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Surya Buana yang berjumlah 17 orang. Hasil validasi oleh ahli media ahli materi serta praktisi pendidikan biologi secara berurutan yaitu sebesar 93 60% 100% dan 98 44%. Uji kepraktisan media menghasilkan persentase sebesar 95 62%. Hasil penilaian keefektifan media menunjukkan adanya peningkatan literasi sains dengan skor N-Gain sebesar 0.77 (kriteria tinggi) dan tingkat keefektifan media sebesar 77 09 (kriteria efektif). Adapun hasil penilaian keefektifan media terhadap peningkatan hasil belajar dengan skor N-Gain sebesar 0 73 (kriteria tinggi) dan tingkat keefektifan media 73 03 (kriteria efektif). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis permainan dan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang bersifat valid praktis serta efektif dalam meningkatkan literasi sain dan hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi kingdom Plantae.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/383032

Actions (login required)

View Item View Item