Manajemen pembelajaran triple R di sekolah alam bilingual (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang) / Khoirul Bariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran triple R di sekolah alam bilingual (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang) / Khoirul Bariyah

Bariyah, Khoirul (2013) Manajemen pembelajaran triple R di sekolah alam bilingual (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang) / Khoirul Bariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Manajemen Pembelajaran Triple R Sekolah Alam Bilingual Keberhasilan sekolah dalam melaksanakan fungsi pendidikan perlu didukung dengan manajemen yang baik. Manajemen pembelajaran merupakan kegiatan manajemen yang utama karena merupakan kegiatan sistematis yang dilakukan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang dimulai dari kegiatan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen pembelajaran secara langsung akan mempengaruhi dan menentukan efektif tidaknya proses pembelajaran. Manajemen pembelajaran yang baik tentu dapat mencerminkan mutu dan kualitas pendidikan yang baik pula. Oleh karena itu upaya peningkatan kualitas pendidikan harus dimulai dengan perbaikan manajemen pembelajaran disamping peningkatan kualitas guru dan pengembangan sumber belajar. Ada empat fokus dalam penelitian ini yaitu (1) perencanaan pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang (2 ) pengorganisasian pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang (3) pelaksanaan pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang dan (4) pengawasan pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang (2) pengorganisasian pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang (3) pelaksanaan pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang dan (4) pengawasan pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan rancangan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari Ketua Yayasan Kepala Sekolah Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum serta tiga guru pengajar. Data yang diperoleh di lapangan selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian pembahasan dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut (1) perencanaan pembelajarn Triple R di SDI surya Buana Malang dilakukan setiap awal tahun ajaran baru dengan mengadakan workshop selama tiga hari yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik (2) pengorganisasian pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana yaitu dengan upaya melibatkan siswa dalam sebuah kelompok belajar serta pengorganisasian materi pelajaran dengan mengelompokkan materi yang mencerminkan konsep reasoning (penalaran) research (penelitian) dan religius (keagamaan) (3) pelaksanaan pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang yaitu dengan menggabungkan beberapa materi pelajaran yang menekankan pemahaman siswa terhadap konsep Triple R serta pelaksanaan pembelajaran di luar sekolah berupa kegiatan outbond dan studi empiris dan (4) pengawasan pembelajaran Triple R di SDI Surya Buana Malang dengan tujuan untuk mengetahui apakah kegiatan pembelajaran telah berjalan sesuai perencanaan apakah ada permassalahan atau penyimpangan dan mencari solusi pemecahannya serta untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Saran dalam penelitian ini adalah bagi tenaga pendidik di SDI Surya Buana Malang agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas sekolah melalui manajemen pembelajaran yang lebih baik antara lain dengan cara mengikutsertakan komite sekolah dalam kegiatan perencanaan melibatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan pembelajaran siswa penggunaan kurikulum lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa meningkatkan pegguanan media pembelajaran elektronik guru dapat lebih memotivasi siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran serta menambah kegiatan pembelajaran Triple R di luar sekolah. Selain itu bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperluas pembahasan mengenai pelaksanaan pembelajaran Triple R di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item