Pengaruh pogil diperkaya problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrolisis garam / Nayunda Elsadena Agustin</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pogil diperkaya problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrolisis garam / Nayunda Elsadena Agustin</p>

Agustin, Nayunda Elsadena (2024) Pengaruh pogil diperkaya problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrolisis garam / Nayunda Elsadena Agustin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL diperkaya problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Lawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental) dengan desain hanya postes (Design Posttest Only). Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling sehingga terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POGIL diperkaya problem solving dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dari nilai post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model POGIL diperkaya problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0 000 pada uji Mann-Whitney. Selain itu juga dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen (77 22) yang lebih tinggi daripada kelas kontrol (57 08). Keterlaksanaan pembelajaran POGIL diperkaya problem solving di kelas eksperimen sudah terlaksana dengan baik namun ada beberapa tahapan POGIL yang belum dapat terlaksana secara maksimal dikarenakan suatu kendala dalam proses pembelajaran. Persepsi siswa terhadap LKPD berbasis POGIL yang diperkaya problem solving memiliki kategori sangat baik dengan nilai rata-rata persentase sebesar 90 16%. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model POGIL diperkaya problem solving dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382818

Actions (login required)

View Item View Item