Isnaini, Desy Aditya Lutfa (2024) Pembelajaran project based learning (pjbl) terintegrasi tpack dengan asesmen formatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor / Desy Aditya Lutfa Isnaini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada peserta didik di indonesia menyebabkan peserta didik yang kurang memahami konsep fisika. Kemampuan berpikir kritis sendiri adalah kemampuan yang harus dikuasai pada kompetensi abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan pengaruh pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi TPACK dengan asesmen formatif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Instrumen pengumpulan data dan tekik analisis data berupa validitas produk uji empirik produk dan uji efektif produk berupa tes soal kemampuan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor. Pada penelitian ini diuji cobakan ke 30 peserta didik kelas XI SMA di PONOROGO. Hasil penelitian memaparkan terdapat perbedaan signifikan sebelum sesudah diberikan pembelajaran PjBL terintegrasi TPACK dengan asesmen formatif. Peningkatan ini juga terlihat dari perolehan nilai N-Gain sebesar 0 58 dan skor tersebut tergolong pada kategori sedang. Kekuatan perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pretest dan posttest dapat dilihat dari hasil perolehan skor effect size dimana nilai effect size sebesar 3 029 dan skor tersebut tergolong pada kategori kuat. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PjBL terintegrasi TPACK dengan asesmen formatif yang diterapkan pada penelitian ini efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dalam materi suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |