Peningkatan pemahaman konsep materi fluida statis menggunakan cooperative learning teams games tournament dengan scaffolding. / Shanina Avi Amalia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep materi fluida statis menggunakan cooperative learning teams games tournament dengan scaffolding. / Shanina Avi Amalia</p>

Amalia, Shanina Avi (2024) Peningkatan pemahaman konsep materi fluida statis menggunakan cooperative learning teams games tournament dengan scaffolding. / Shanina Avi Amalia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teams games tournament dengan Scaffolding pada materi fluida statis. Teams games tournament merupakan model pembelajaran yang dapat mengeluarkan keaktifan siswa rasa kompetitif siswa dan meningkatkan motivasi siswa sehingga siswa dapat berkompetisi dan aktif di kelas. Scaffolding diberikan untuk mendukung siswa agar dapat menyelesaikan proses pembelajaran yang tidak dapat dicapai siswa secara mandiri sehingga siswa mencapai tingkat keterampilan yang belum dikuasainya. Kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan Scaffolding. Data kuantitatif penelitian ini merupakan lembar tes pemahaman konsep dan data kualitatif penelitian ini merupakan instrument wawancara. Pada penelitian ini Nilai N-Gain kelas eksperimen yang didapatkan sebesar 0 691. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peningkatan pemahaman konsep ini terjadi karena soal yang berada pada LKPD Scaffolding yang diberikan dan juga karena adanya Games dan juga Tournament yang di adakan pada model pembelajaran Teams Games Tournament.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382376

Actions (login required)

View Item View Item