Analisis deskriptif keterampilan kolaborasi peserta didik dengan model pembelajaran discovery learning pada topik getaran dan gelombang / Robit Mukhlish</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis deskriptif keterampilan kolaborasi peserta didik dengan model pembelajaran discovery learning pada topik getaran dan gelombang / Robit Mukhlish</p>

Mukhlish, Robit (2024) Analisis deskriptif keterampilan kolaborasi peserta didik dengan model pembelajaran discovery learning pada topik getaran dan gelombang / Robit Mukhlish</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran fisika guru cenderung kurang inovatif dengan metode pembelajaran dan penerapan media yang digunakan. Pembelajaran dalam kelas cenderung berpusat pada guru dan masih kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran yang menghambat siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi karena kurangnya kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran lebih detail mengenai keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Wagir semester genap tahun pelajaran 2023/2024 ketika dilakukan penerapan model pembelajaran Discovery learning. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan menganalisis serta menjelaskan suatu hal yang dipelajari apa adanya dan menarik kesimpulan menggunakan angka-angka. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Wagir semester genap tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Teknik observasi menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran discovery learning dan lembar observasi keterampilan kolaborasi peserta didik. Hasil observasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi dari kondisi awal yang hanya sebesar 33 6% (dasar) menjadi 57 5% (cakap) pada pertemuan satu dan 74 6% (cakap) pada pertemuan dua. Setiap indikator mengalami peningkatan dari kondisi awal kecuali kolaborasi pemecahan masalah yang menurun dari 59 4% menjadi 52 7% pada pertemuan namun kembali meningkat pada pertemuan dua menjadi 81 2%. Peserta didik mudah dalam berkompromi dan fleksibel terhadap anggota kelompoknya dengan peningkatan sebesar 51 2% dari kondisi awal dan persentase tertinggi pada kedua pertemuan sebesar 64 2% dan 81 65%. sedangkan peserta didik masih belum terlalu terampil dalam berkolaborasi melakukan penyelidikan mengingat peningkatan yang minim pada saat pembelajaran discovery learning. Saat menerapkan discovery learning pengajar sebaiknya memberikan lebih banyak sumber informasi seperti artikel atau semacamnya agar peserta didik bisa mengumpulkan data lebih baik lagi. Pendidik juga sebaiknya selalu memerhatikan peserta didik dan membimbing mereka apabila peserta didik mengalami kendala dalam mengerjakan kegiatan selama pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382374

Actions (login required)

View Item View Item