Pengaruh model problem-based learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains peserta didik pada pokok materi hukum newton tentang gerak / Kristian Indrajati Herlambang</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem-based learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains peserta didik pada pokok materi hukum newton tentang gerak / Kristian Indrajati Herlambang</p>

Herlambang, Kristian Indrajati (2024) Pengaruh model problem-based learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains peserta didik pada pokok materi hukum newton tentang gerak / Kristian Indrajati Herlambang</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hukum Newton tentang gerak merupakan salah satu konsep fundamental dalam ilmu sains. Pada praktiknya penguasaan konsep dan literasi sains peserta didik SMA pada materi hukum Newton masih berada pada kategori rendah. Rendahnya penguasaan konsep dan literasi sains peserta didik disebabkan karena belum diperkenalkannya permasalahan yang berorientasi pada keterampilan sains. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi sains kompetensi sekaligus penguasaan konsep peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mendukung peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai adalah model problem-based learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh model PBL terhadap penguasaan konsep dan literasi sains kompetensi peserta didik pada materi hukum Newton tentang gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian mixed method dengan desain penelitian sequential explanatory. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design untuk penelitian kuantitatif dan case study untuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian kuantitatif dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling dan diperoleh kelas XI Saintek 4 sebagai kelas eksperimen (kelas yang menerapkan model PBL) dan kelas XI Saintek 2 sebagai kelas kontrol (kelas yang menerapkan model pembelajaran presenting and explaining (ceramah)). Pemilihan subjek penelitian kualitatif menggunakan teknik category sampling di mana subjek dipilih dengan pertimbangan skor posttest tertinggi berdasarkan masing-masing indikator penguasaan konsep maupun kemampuan literasi sains. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari 12 soal esai yang telah divalidasi isi konstruk dan empiris dengan nilai reliabilitas sebesar 0 704. Uji homogenitas sampel menggunakan uji Levene dengan hasil pengujian data penelitian yang homogen. Uji kesamaan keadaan awal sampel menggunakan independent sample t-test yang memberikan hasil penguasaan konsep dan literasi sains awal kedua kelompok tidak terdapat perbedaan. Uji normalitas sampel menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan hasil menunjukkan bahwa data posttest kelas eksperimen tidak berdistribusi normal sehingga statistik penelitian menggunakan statistik non parametrik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney dan dilanjutkan dengan uji effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perlakuan yang diberikan. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa model problem-based learning pada kelas eksperimen menyebabkan penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains peserta didik lebih tinggi. Uji effect size perlakuan PBL terhadap penguasaan konsep dan literasi sains berturut-turut sebesar 0 79 dan 0 76 sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah model PBL memberikan pengaruh pada kategori moderate effect terhadap penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi hukum Newton tentang gerak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382371

Actions (login required)

View Item View Item