Kurniawan, Ferdian Teguh Haris (2024) Pemanfaatan moodle sebagai platform tes formatif dengan penerapan umpan balik langsung untuk meningkatkan literasi sains pada materi gelombang bunyi / Ferdian Teguh Haris Kurniawan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan pemanfaatan moodle sebagai platform tes formatif dengan penerapan umpan balik langsung untuk meningkatkan literasi sains pada materi gelombang bunyi. platform tes formatif dengan penerapan umpan balik langsung dikembangkangkan menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model 4D. Model 4D teridiri dari empat tahapan yaitu define design develop dan disseminate. Uji keefektifan produk menggunakan pretest postest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi dan ahli media yang dianalisis menggunakan uji validitas serta angket respon uji kepraktisan pengguna. Hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dikarenakan hasil analisis uji prasyarat dari nilai rata-rata pre-test dan post-test tidak terdistribusi normal dan tidak homogen (non parametrik) serta nilai rata-rata pre-test dan post-test juga dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil uji Mann-Whitney (uji nonparametrik ) pada nilai rata-rata pre-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.952 (p gt 0.05) pada nilai rata-rata post-test juga dilakukan uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.00 (p lt 0.05) sehingga produk yang dikembangkan ini mampu meningkatkan kemampuan literasi sais secara signifikan. Uji validitas platform tes formatif dengan penerapan umpan balik langsung diperoleh nilai sebesar 100% untuk uji validitas ahli materi 96% untuk uji validitas ahli media dan 83.2% untuk nilai uji kepraktisan. Uji N-gain pada nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen mendapat gain score sebesar 0.61 sedangkan uji N-gain pada kelas kontrol mendapatkan gain score sebesar 0.23. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dalam kategori sedang dan dalam kategori rendah untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan moodle sebagai platform tes formatif dengan penerapan umpan balik langsung valid praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran serta berpengaruh dalam meningkatan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |