Putri, Anggita Meilina (2024) Pengembangan e-modul berbasis problem based learning disertai soal dan feedback pada materi termodinamika untuk meningkatkan hasil belajar siswa sma/ma / Anggita Meilina Putri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar siswa pada materi termodinamika masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melalui pengembangan bahan ajar elektronik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis model problem based learning disertai soal dan feedback pada materi termodinamika yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan atau Research and Development (R amp D). Model penelitian ini adalah 4-D yaitu Define Design Develop dan Disseminate dengan menggunakan analisis kuantitiatif dan kualitatif. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen validasi berupa lembar validasi dan instrumen kepraktisan berupa lembar angket siswa. Instrumen keefektifan berupa soal pretest dan postest yang hasil nilainya melalui uji normalitas uji beda dan N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa produk sangat valid dengan persentase 91 45% kategoris dan produk sangat praktis dengan persentase 89 15%. Adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest dengan N-Gain sebesar 0 50 kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |