Putri, Alifiyah Permata Sari Prasasti (2024) Pengaruh conceptual problem solving (cps) pada pembelajaran berbasis masalah (pbm) terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi energi terbarukan / Alifiyah Permata Sari Prasasti Putri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Conceptual Problem Solving (CPS) pada model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi energi terbarukan. Penelitian ini merupakan quasy experiment yang menggunakan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Terdapat dua kelas yang menjadi subjek penelitian yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PBM disertai CPS dan kelas kontrol yang menerapkan model PBM. Kelima soal uraian yang digunakan telah tervalidasi secara empiris dan terbukti cukup reliabel. Keterampilan pemecahan masalah dinilai berdasarkan indikator (1) useful description (2) physics approach (3) specific application of physics (4) mathematical procedure dan (5) logical progression. Pengintegrasian CPS pada PBM direpresentasikan dalam lembar kerja yang memuat langkah pembelajaran PBM dan CPS. Skor rata-rata hasil pretest keterampilan pemecahan masalah kelas kontrol adalah 49 77 dan skor rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 43 79. Sementara itu skor rata-rata hasil posttest keterampilan pemecahan masalah kelas kontrol adalah 66 58 dan pada kelas eksperimen adalah 76 80. Karena data tidak terdistribusi secara normal maka uji mann whitney menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara posttest keterampilan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa CPS pada PBM berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi energi terbarukan. Dari hasil rata-rata posttest masing-masing kelas dapat diketahui bahwa pengaruhnya yaitu dapat lebih meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |