Putri, Dita Norviana Himada (2024) pengembangan e-module berbasis socio-scientific issues pada materi pemanasan global untuk meningkatkan literasi sains peserta didik / Dita Norviana Himada Putri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan serta mengetahui keefektifan e-Module berbasis socio-scientific issues pada materi fisika pemanasan global dimana media pembelajaran dapat dikatakan layak digunakan apabila memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model 4D. Pada uji kevalidan terdapat satu validator yang merupakan validator ahli media sekaligus ahli materi. Pada uji kepraktisan terdapat 10 peserta didik dan satu orang guru dari SMAN 1 Tulungagung sebagai responden. Pada uji keefektifan terdapat dua kelas dengan jumlah 46 peserta didik yaitu kelas X-2 dan kelas X-9 dari SMAN 1 Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan ini berasal dari hasil angket dan nilai posttest. Hasil yang diperoleh (1) nilai validitas media sebesar 91 42% dan nilai validitas materi sebesar 92% dengan kriteria sangat valid (2) uji kepraktisan respon guru sebesar 90 62% dan respon peserta didik sebesar 82 25% dengan kriteria sangat praktis (3) uji mann-whitney dan didapatkan nilai Mean Rank pada kelas eksperimen adalah 28 11 sedangkan kelas kontrol adalah 18 89 serta effect size sebesar 0 35 sehingga dapat dikatakan e-Module efektif dengan kriteria sedang. Setelah melakukan uji kevalidan kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa e-Module berbasis socio-scientific issues pada materi pemanasan global layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |