Nurhaviana, Happy Rhyzka (2017) Manajemen pendidikan karakter melalui sisterm full day school di Sekolah Dasar Islam Tompokersan Lumajang / Happy Rhyzka Nurhaviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurhaviana Happy Rhyzka. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Sistem Full Day School di SDI Tompokersan Lumajang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd. Kata kunci manajemen pendidikan karakter full day school. Pendidikan karakter sejatinya merupakan sebuah kebutuhan para pemangku pendidikan dalam mengupayakan pembentukan watak sikap dan pola perilaku anak bangsa ke arah yang positif. Pendidikan karakter dianggap akan lebih efektif apabila disampaikan tidak hanya melalui pendidikan formal di sekolah saja namun juga perlu disampaikan dalam lingkungan keluarga. Oleh karena itu dalam upaya pembentukan karakter khususnya bagi peserta didik dirasa sangat perlu mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak terutama bagi para pendidik ulama pemuka masyarakat dan para orangtua peserta didik. Pada SDI Tompokersan Lumajang yang menerapkan sistem full day school atau sekolah sepanjang hari mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 16.00 pendidikan karakter yang diberikan kepada peserta didik akan lebih banyak dibandingkan dengan sekolah-sekolah regular lainnya. Hal ini karena dengan penerapan sistem full day school maka peserta didik akan memiliki waktu di sekolah lebih panjang daripada peserta didik di sekolah pada umumnya. Untuk itu SDI Tompokersan Lumajang melengkapi program-program pendidikan yang dijalankan dengan kegiatan-kegiatan pendidikan karakter baik yang bernilai ibadah maupun kegiatan lainnya namun dengan jaminan dapat menumbuhkan sikap positif bagi peserta didik. Fokus penelitian yang dilakukan di SDI Tompokersan Lumajang yaitu 1) manajemen pendidikan karakter di SDI Tompokersan Lumajang 2) faktor-faktor pendukung pendidikan karakter di SDI Tompokersan Lumajang dan 3) pelaksanaan pendidikan karakter SDI Tompokersan Lumajang beserta solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara pengamatan dan dokumentasi. Peneliti melakukan teknik reduksi data display data dan verifikasi data dalam melakukan analisis data. Selanjutnya pada pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik ketekunan pengamatan triangulasi dan pengecekan anggota. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu berdasarkan fokus penelitian meliputi 1) manajemen pendidikan karakter di SDI Tompokersan Lumajang yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi 2) faktor pendukung pendidikan karakter di SDI Tompokersan Lumajang dan 3) faktor penghambat pendidikan karakter di SDI Tompokersan Lumajang. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada beberapa pihak meliputi 1) Ketua Yayasan Nurul Masyithah agar lebih intensif lagi dalam melakukan evaluasi program-program pendidikan karakter yang dijalankan di SDI Tompokersan Lumajang 2) Kepala SDI Tompokersan Lumajang agar dapat lebih intensif lagi dalam memantau kegiatan dan juga fasilitas-fasilitas yang berkenaan dengan program-program pendidikan karakter di SDI Tompokersan Lumajang sehingga dapat memaksimalkan upaya pendidikan karakter bagi peserta didik 3) Guru dan personel SDI Tompokersan Lumajang agar dapat saling memotivasi dalam menjalankan program-program pendidikan karakter di sekolah. Baik motivasi sesama guru personel maupun terhadap peserta didik 4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat mendukung dan memfasilitasi setiap upaya pendidikan karakter sehingga dapat mengembangkan kegiatan keilmuan yang berkaitan dengan upaya upaya pembentukan moral khususnya pada Jurusan Administrasi Pendidikan 5) Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat mengarahkan mendidik dan menghimbau setiap mahasiswa agar dapat berperilaku yang baik sehingga mampu menjadi panutan bagi masyarakat dan 6) Peneliti Lain agar dapat mengembangkan dan menyempurnakan penelitian ini agar kelak dapat berguna bagi peningkatan pembentukan moral bangsa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3822 |
Actions (login required)
View Item |