Arifin, As'ad Syamsul (2024) Analisis teacher identity calon guru fisika berdasarkan pengalaman belajar program sarjana pendidikan fisika / As\'ad Syamsul Arifin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Teacher identity memiliki pengertian yang kompleks dengan perubahan yang masif bagi semua guru apa pun disiplin ilmunya. Langkah awal program pengembangan dan perubahan profesionalisme guru adalah dengan mengkaji teacher identity. Perkembangan teacher identity dimulai saat mahasiswa masuk dunia universitas. Para ahli pendidikan peneliti dan guru paham begitu pentingnya posisi teacher identity dalam suksesnya pendidikan untuk menghindari kebingungan penentuan jati diri guru dalam diri mereka. Dalam satu dekade terakhir sudah begitu masif penelitian teacher identity di berbagai belahan dunia akan tetapi masih jarang penelitian teacher identity fisika di Indonesia. Di samping itu penelitian teacher identity yang berlandaskan bukti perlu ditingkatkan guna merancang pengembangan profesional guru fisika yang efektif akan tetapi belum ada bukti lapangan implementasi konstruksi teacher identity sejauh ini mengacu pada penelitian terbaru. Konstruksi teacher identity meliputi motivation self-image self-efficacy dan task perception. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk melihat eksplorasi konstruksi teacher identity mahasiswa calon guru fisika berdasarkan pengalaman belajar di program sarjana pendidikan fisiska dengan mengimplementasikan indikator teacher identity. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif metode studi kasus dengan partisipan tunggal. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur kuesioner dan analisis dokumen seperti perangkat pembelajaran dan hasil lembar kerja siswa. Penentuan partisipan utama menggunakan teknis purposive sampling yang merupakan mahasiswa calon guru fisika semester 8 Universitas Negeri Malang yang bernama Dian (nama samaran) dan terdapat sepuluh partisipan tambahan yang berhubungan langsung dengan Dian (yaitu 4 siswa 1 guru 2 teman mengajar dan 3 dosen). Analisis data dilakukan melalui reduksi data penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini mengungkap perspektif berlapis-lapis tentang identitas mahasiswa calon guru fisika. Peneliti menyimpulan bahwa identitas Dian terkontruksi dari pengalaman belajar di dalam dan di luar kelas. Di dalam kelas mata kuliah yang paling berperan diantaranya asesmen berbasis TIK praktik pembelajaran sejawat dan fisika dasar 1. Adapun di luar kelas terkontruksi melalui diskusi dengan teman sejawat pengalaman organisasi pengalaman asisten laboratorium dan pengalaman mentor bimbingan les. Lebih jauh penelitian ini juga memerikan pandangan mahasiswa calon guru fisika tentang apa yang kiranya perlu disiapkan dan diikuti selama masih ada di bangku kuliah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |