Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA ditinjau dari gaya belajar / A. Farhan Mangadi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA ditinjau dari gaya belajar / A. Farhan Mangadi</p>

Mangadi, A. Farhan (2024) Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA ditinjau dari gaya belajar / A. Farhan Mangadi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual auditori dan kinestetik di MAN 1 Kebumen sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek diambil menggunakan teknik purposive. Sumber data penelitian ini merupakan 3 siswa terpilih dari 30 siswa yang diberikan angket gaya belajar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket gaya belajar tes dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman serta teknik triangulasi terhadap sumber yang sama menggunakan observasi tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah kemampuan literasi matematis siswa pada komponen merumuskan masalah subjek visual dapat mengidentifikasi permasalahan dengan menuliskan secara lengkap informasi yang diketahui dan yang ditanyakan menggunakan pemodelan matematika sedangkan subjek auditori dan kinestetik hanya menuliskan sebagian informasi yang diketahui dan yang ditanyakan. Pada komponen menggunakan konsep subjek visual dapat membuat strategi pemecahan masalah dan menyelesaikannya dengan prosedur matematika yang benar sedangkan subjek auditori dapat membuat strategi tetapi tidak dapat menyelesaikannya dengan prosedur matematika yang tepat dan subjek kinestetik tidak dapat membuat strategi untuk melakukan penyelesaian. Pada komponen menafsirkan hasil subjek visual dapat menunjukkan hasil penyelesaian melakukan evaluasi dan memberikan kesimpulan yang tepat berdasarkan hasil penyelesaian sedangan subjek auditori dan kinestetik memberikan kesimpulan tanpa didasarkan pada hasil penyelesaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382068

Actions (login required)

View Item View Item