Nurmalasari, Ema (2024) Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbantuan canva dan topworksheets pada materi aljabar untuk kelas vii smp/mts / Ema Nurmalasari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kesalahpahaman mengidentifikasi suatu permasalahan kontekstual seringkali mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan ketika merepresentasikannya ke dalam kalimat matematika. Hal ini dapat mengakibatkan peserta didik kebingungan dalam menentukan operasi hitung mana yang akan digunakan. Oleh karena itu sebagai suatu hal baru yang ditawarkan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang berfokus pada uji validitas dan praktikalitas tanpa melakukan uji efektivitas. Dengan menggunakan Canva dan TopWorksheets LKPD ini dirancang berdasarkan tahap pengembangan 4D Define Design Develop dan Disseminate. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Bentuk Aljabar untuk Kelas VII SMP/MTs yang terdiri dari dua kegiatan inti yaitu merepresentasi suatu permasalahan kontekstual ke dalam bentuk aljabar dan mengidentifikasi unsur-unsur aljabar. Uji validitas memperoleh skor 3 32 dengan kriteria valid. Uji praktikalitas memperoleh skor 3 76 dengan kriteria sangat praktis dan dengan beberapa saran perbaikan. Hasil ini menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang dibuat telah memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga siap disebarluaskan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |