Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus tipe hots berdasarkan prosedur newman ditinjau dari adversity quotient / Risma Ardhelisa Aulyafani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus tipe hots berdasarkan prosedur newman ditinjau dari adversity quotient / Risma Ardhelisa Aulyafani</p>

Aulyafani, Risma Ardhelisa (2024) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus tipe hots berdasarkan prosedur newman ditinjau dari adversity quotient / Risma Ardhelisa Aulyafani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil PISA 2022 kemampuan siswa di Indonesia dalam menyelesaikan soal HOTS tergolong masih rendah dibandingkan siswa di negara lain. Salah satu faktornya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah tersebut dapat dipengaruhi oleh kecerdasan atau pola pikir siswa yang disebut sebagai Adversity Quotient (AQ). AQ merupakan kemampuan seseorang untuk bertahan dan mengatasi kesulitan. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah matematika menyebabkan adanya kesalahan dalam proses penyelesaian. Letak kesalahan pemecahan masalah yang dilakukan siswa dapat dideteksi menggunakan suatu prosedur yang dicetuskan Newman yaitu Newman rsquo s Error Analysis (NEA). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan subjek dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus tipe HOTS berdasarkan teori Newman yang ditinjau dari AQ. Penelitian ini mengimplementasikan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas IX-A dan IX-C SMP Negeri 2 Ponorogo. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa tipe climber dan 2 siswa tipe camper yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket ARP tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan subjek tipe climber melakukan 4 jenis kesalahan meliputi kesalahan memahami kesalahan transformasi kesalahan prosedural dan kesalahan menyimpulkan jawaban akhir. Sedangkan subjek tipe camper melakukan 5 jenis kesalahan meliputi kesalahan membaca kesalahan memahami kesalahan transformasi kesalahan prosedural dan kesalahan menyimpulkan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382061

Actions (login required)

View Item View Item