Muti', Aliya (2024) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial berdasarkan kriteria watson dan upaya pemberian scaffolding / Aliya Muti\'</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial berdasarkan kriteria Watson dan upaya pemberian scaffolding. Penelitian ini mendapati bahwa terdapat banyak siswa yang belum mampu memahami soal cerita aritmetika ketika mengerjakan soal sehingga banyak terjadi kesalahan. Penulis dalam menyusun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 14 siswa kelas VII SMPN 4 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan memberikan soal cerita materi aritmetika sosial dengan durasi pengerjaan 60 menit pedoman wawancara dan pemberian upaya scaffolding. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan Model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sedikit dilakukan oleh siswa adalah kesalahan data tidak tepat sedangkan jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan kesimpulan hilang (Omitted Conclusion/Oc) sebesar 78 8% sehingga dapat menjadi masukan kepada sekolah guru siswa dan peneliti lain untuk melakukan metode scaffolding untuk mengurangi kesalahan yang terjadi. Scaffolding yang digunakan untuk mengatasi kesalahan berdasarkan kriteria Watson yaitu explaining reviewing dan restructuring.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |