Analisis kemampuan penalaran induktif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi perbandingan ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif / Nur Avitri Siswarno</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan penalaran induktif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi perbandingan ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif / Nur Avitri Siswarno</p>

Siswarno, Nur Avitri (2024) Analisis kemampuan penalaran induktif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi perbandingan ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif / Nur Avitri Siswarno</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan penalaran induktif matematis adalah kecakapan seseorang dalam menggunakan proses kognitif yang melibatkan penarikan kesimpulan atau pembuatan pernyataan baru yang bersifat umum berdasarkan pernyataan khusus yang diketahui benar. Terdapat perbedaan kemampuan penalaran induktif matematis pada siswa dengan gaya kognitif yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran induktif matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan pada masalah kontekstual ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling dengan 2 orang siswa bergaya kognitif reflektif dan 2 orang siswa bergaya kognitif impulsif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes MFFT soal materi perbandingan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek reflektif dapat memenuhi empat indikator kemampuan penalaran induktif matematis yang ditunjukkan dengan mencari penyelesaian dari beberapa kondisi kasus permasalahan memperkirakan pola dari keteraturan yang ditemukan menentukan pola dari informasi yang ditemukan serta menyimpulkan secara umum hubungan antara informasi yang tersedia. Subjek impulsif tidak mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran induktif matematis. Subjek hanya mampu untuk memenuhi indikator mencari penyelesaian dari beberapa kondisi kasus permasalahan dan memperkirakan pola dari keteraturan yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382044

Actions (login required)

View Item View Item