Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita materi fungsi kuadrat ditinjau dengan tahapan polya / Nisrina Nabilah Husniyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita materi fungsi kuadrat ditinjau dengan tahapan polya / Nisrina Nabilah Husniyah</p>

Husniyah, Nisrina Nabilah (2024) Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita materi fungsi kuadrat ditinjau dengan tahapan polya / Nisrina Nabilah Husniyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesulitan dalam mengerjakan soal cerita sering dialami oleh siswa sehingga peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal cerita materi fungsi kuadrat dan faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XF berjumlah enam orang yang dikategorikan dalam tiga level kemampuan yaitu tinggi sedang dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal cerita matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah masih kesulitan untuk menyelesaikan soal ketika dihadapkan dengan soal yang berbeda dari yang pernah dipelajari dan kesulitan menentukan rumus. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan minat siswa dalam belajar matematika. Siswa berkemampuan tinggi kesulitan dalam menentukan rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal saat dihadapkan dengan soal yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa dan lupa dengan materi yang diberikan. Siswa berkemampuan sedang dan rendah mengalami kesulitan dalam operasi hitung. Hal ini disebabkan oleh kurangnya latihan soal dan minat dalam belajar matematika. Selain itu kesulitan juga terjadi pada siswa berkemampuan rendah. Hal ini disebabkan karena kurang memahami materi dan rendahnya minat siswa untuk belajar matematika. Secara umum faktor faktor penyebab kesulitan siswa yaitu kurang memahami soal minat untuk belajar matematika penentuan strategi menyelesaikan masalah dan kurang latihan soal serta lupa dengan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382033

Actions (login required)

View Item View Item