Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan untuk siswa smp berdasarkan prosedur newman / NOVIANA PUSPITA SARI</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan untuk siswa smp berdasarkan prosedur newman / NOVIANA PUSPITA SARI</p>

Sari, Noviana Puspita (2024) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan untuk siswa smp berdasarkan prosedur newman / NOVIANA PUSPITA SARI</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal himpunan berdasarkan prosedur newman. Dilakukan di SMP Negeri 18 Malang pada 31 siswa kelas VIII-F. Subjek dipilih dengan purposive sampling 6 siswa (kode S-1 ndash S-6) dianalisis karena kesalahan yang dilakukannya dalam menyelesaikan soal. Instrumen utama adalah peneliti dengan instrumen pendukung berupa tes dan pedoman pelaksanaan wawancara. Menggunakan model Miles amp Huberman data yang diperoleh dalam penelitian akan dianalisis secara mendalam. Kesalahan yang terjadi meliputi 1) Tidak ada subjek yang mengalami kesalahan membaca dimana ketika siswa salah dalam memahami atau menginterpretasikan istilah kata-kata atau informasi penting yang terdapat dalam soal tersebut 2) Subjek S-1 hingga S-4 mengalami kesalahan memahami masalah berupa salah dalam memahami apa yang sebenarnya diketahui dan ditanyakan pada soal dengan lengkap sedangkan S-5 dan S-6 tidak mengalami kesalahan tersebut 3) Kesalahan transformasi yang terjadi pada semua subjek (S-1 hingga S-6) adalah kesalahan dalam merubah informasi atau tidak menuliskan informasi ke dalam bentuk model matematika yang tepat serta kesalahan dalam penerapan atau tidak menuliskan rumus untuk menyelesaikan soal tersebut 4) Semua subjek (S-1 hingga S-6) mengalami kesalahan keterampilan proses yang dilakukan berupa salah dalam menjalankan perhitungan atau komputasi atau tidak melanjutkan prosedur penyelesaian dan 5) Semua subjek (S-1 hingga S-6) mengalami kesalahan dalam menyusun jawaban akhir sesuai dengan yang diminta dalam soal termasuk kesalahan dalam merumuskan kesimpulan yang relevan dan tidak memberikan jawaban yang sesuai dengan permintaan soal. Faktor penyebab lain karena kurang teliti dalam membaca kesalahan memahami informasi kurangnya penguasaan materi kesalahan perhitungan ketidaklanjutan prosedur dan kurangnya pengecekan. Saran yang dapat dilakukan guru yaitu meningkatkan pemahaman dan kinerja siswa dalam menyelesaikan soal himpunan dengan menganalisis penyebab kesalahan yang meliputi kurangnya teliti dalam membaca fokus dan pengecekan jawaban serta dengan memberikan latihan yang memperkuat pemahaman konsep ketelitian dalam transformasi informasi pemahaman yang mendalam terhadap prosedur penyelesaian dan pendekatan diferensiasi serta dukungan tambahan sesuai kebutuhan individual siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382011

Actions (login required)

View Item View Item