Setyawan, Febrianto Bagus (2024) Analisis penyebab miskonsepsi siswa dengan kognitif field dependent pada materi kesebangunan / Febrianto Bagus Setyawan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab miskonsepsi siswa dengan gaya kognitif field dependent pada materi kesebangunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 siswa kelas IX G SMPN 2 Bululawang dengan gaya kognitif field dependent dan terindikasi mengalami miskonsepsi. Pada penelitian ini ditemukan bahwa siswa mengalami (1)miskonsepsi teoritikal berupa kesalahan dalam memahami definisi kesebangunan menyatakan syarat kesebangunan dan memberikan contoh bangun datar yang sebangun (2)miskonsepsi klasifikasional berupa kesalahan dalam menentukan sisi yang bersesuaian dan (3)miskonsepsi korelasional berupa kesalahan dalam menyatakan informasi dari soal mentransformasikan informasi pada soal ke dalam gambar dan kesalahan dalam menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Miskonsepsi yang dialami siswa disebabkan adanya gangguan dari lingkungan sekitar ketika belajar ketidaksesuaian metode pembelajaran yang diterapkan dan materi yang tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/381858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |