Pengembangan mobile learning pada materi transformasi geometri untuk menstimulasi kemampuan penalaran matematis siswa Kelas viii / Riska Putri Amelia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning pada materi transformasi geometri untuk menstimulasi kemampuan penalaran matematis siswa Kelas viii / Riska Putri Amelia</p>

Amelia, Riska Putri (2024) Pengembangan mobile learning pada materi transformasi geometri untuk menstimulasi kemampuan penalaran matematis siswa Kelas viii / Riska Putri Amelia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penalaran matematis dapat berpengaruh dalam pemahaman materi pembelajaran. Namun kemampuan penalaran matematis siswa berada dalam kategori rendah khususnya pada materi transformasi geometri. Salah satu upaya dalam menyikapi rendahnya kemampuan penalaran matematis pada materi transformasi geometri dapat melalui inovasi media pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan mobile learning yang valid praktis dan efektif. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Penelitian diawali dengan observasi dan wawancara dilanjutkan membuat desain berupa storyboard. Mobile learning dikonstruksi menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 terintegrasi TeacherMade App GeoGebra dan Wordwall kemudian diimplementasikan pada pembelajaran. Evaluasi dilakukan pada setiap tahap untuk melakukan perbaikan pada mobile learning. Subjek penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas VIII-C SMP Laboratorium UM serta dosen dan guru sebagai validator. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi rubrik penalaran matematis angket respons dan soal tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa mobile learning yang dikembangkan valid dengan rata-rata skor kevalidan untuk media sebesar 3 5 materi sebesar 3 4 bahasa sebesar 3 7 dan teknologi sebesar 3 3. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respons siswa memperoleh rata-rata skor 3 2 yang menunjukkan bahwa mobile learning praktis bermanfaat dan mudah digunakan oleh siswa. Hasil tes diperoleh bahwa 80 95% siswa mencapai nilai lebih dari KKTP berdasarkan penalaran matematis dengan rata-rata nilai sebesar 80 2 sehingga mobile learning memenuhi kriteria keefektifan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/381658

Actions (login required)

View Item View Item