Analisis kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Malang dalam menyelesaikan soal model AKM konten domain geometri dan pengukuran ditinjau dari tingkat kecemasan matematika / Dina Maharini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Malang dalam menyelesaikan soal model AKM konten domain geometri dan pengukuran ditinjau dari tingkat kecemasan matematika / Dina Maharini</p>

Maharini, Dina (2024) Analisis kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Malang dalam menyelesaikan soal model AKM konten domain geometri dan pengukuran ditinjau dari tingkat kecemasan matematika / Dina Maharini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi siswa SMP Negeri 25 Malang pada konten domain geometri dan pengukuran menempati peringkat terendah pada peringkat kabupaten dan nasional di antara keempat domain yang ada. Hal ini salah satunya dapat disebabkan oleh kecemasan matematika yang merupakan salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal model AKM konten domain geometri dan pengukuran ditinjau dari kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan soal tes angket dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan salah satu subjek dengan tingkat kecemasan matematika rendah memenuhi indikator kemampuan numerasi yang pertama yaitu kemampuan pengetahuan dan pemahaman dasar peserta didik tentang fakta proses konsep dan prosedur karena mampu mengklasifikasikan ekspresi persamaan yang tepat dari teorema Pythagoras. Sedangkan salah satu subjek dengan tingkat kecemasan matematika rendah subjek dengan tingkat kecemasan matematika sedang dan subjek dengan tingkat kecemasan matematika tinggi tidak memenuhi indikator yang pertama tersebut karena tidak mampu mengklasifikasikan ekspresi persamaan yang tepat dari teorema Pythagoras. Salah satu subjek dengan tingkat kecemasan matematika sedang memenuhi indikator kemampuan numerasi yang kedua yaitu kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang fakta-fakta relasi proses konsep prosedur dan metode pada konteks situasi nyata untuk menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan karena mampu merepresentasikan titik koordinat pada soal ke dalam sistem koordinat kartesius dan mampu menerapkan teorema Pythagoras untuk memecahkan permasalahan pada soal. Sedangkan subjek dengan tingkat kecemasan matematika rendah salah satu subjek dengan tingkat kecemasan matematika sedang dan subjek dengan tingkat kecemasan matematika tinggi tidak memenuhi indikator yang kedua tersebut karena mampu merepresentasikan titik koordinat pada soal ke dalam sistem koordinat kartesius namun tidak mampu menerapkan teorema Pythagoras untuk memecahkan permasalahan pada soal. Subjek dengan tingkat kecemasan matematika sedang memenuhi indikator kemampuan numerasi yang ketiga yaitu penalaran peserta didik dalam menganalisis data dan informasi membuat kesimpulan dan memperluas pemahaman mereka dalam situasi baru meliputi situasi yang tidak diketahui sebelumnya atau konteks yang lebih kompleks karena mampu menghubungkan berbagai elemen yang diketahui dalam soal dan prosedur menghitung volume untuk menentukan cetakan yang dapat digunakan oleh Nina dapat menyimpulkan bahwa Nina mengalami keuntungan menggunakan fakta dalam soal dan menjelaskan bagaimana memperoleh kesimpulan tersebut dengan prosedur yang runtut dan benar. Sedangkan salah satu subjek dengan tingkat kecemasan rendah tidak memenuhi indikator ketiga tersebut karena mampu menghubungkan berbagai elemen yang diketahui dalam soal dan prosedur menghitung volume untuk menentukan cetakan yang dapat digunakan oleh Nina namun gagal dalam menyimpulkan bahwa Nina mengalami keuntungan menggunakan fakta dalam soal dan menjelaskan bagaimana memperoleh kesimpulan tersebut dengan prosedur yang runtut dan benar. Sementara salah satu subjek dengan tingkat kecemasan rendah dan subjek dengan tingkat kecemasan tinggi tidak memenuhi indikator yang ketiga karena tidak mengerjakan soal hingga selesai

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/381604

Actions (login required)

View Item View Item