Agustin, Katarina (2025) Penerapan model kollaboratives schreiben dengan metode porpe pada keterampilan menulis Bahasa Jerman siswa kelas xi SMA Taruna Nala / Katarina Agustin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kollaboratives Schreiben dengan metode PORPE (predict organize rehearse practice evaluate) dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model dan metode tersebut pada keterampilan menulis bahasa Jerman kelas XI SMAN Taruna Nala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan melibatkan 16 siswa kelas XI SMAN Taruna Nala yang mengikuti pembelajaran bahasa Jerman sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi dan angket. Data observasi digunakan untuk mengamati proses penerapan model Kollaboratives Schreiben dengan metode PORPE sesuai RPP yang telah disusun oleh peneliti sedangkan data angket digunakan untuk memperoleh respons siswa terhadap proses pembelajaran tersebut. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan tahapan dan konsep metode PORPE. Berdasarkan data angket penerapan model Kollaboratives Schreiben dengan metode PORPE dinilai membantu siswa dalam berlatih menceritakan kembali teks bertema memperkenalkan diri sendiri dan orang lain (sich und andere Vorstellen). Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Kollaboratives Schreiben dengan metode PORPE memberikan kontribusi positif dalam melatih keterampilan menulis teks bahasa Jerman. Selain itu siswa juga menunjukkan respons yang positif terhadap metode PORPE sebagai metode pembelajaran yang interaktif dan menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/380580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |