Potret era merdeka belajar bahasa arab kelas x di SMA Darul Qur’an Singosari / ABD HAMID GHUFRON - Repositori Universitas Negeri Malang

Potret era merdeka belajar bahasa arab kelas x di SMA Darul Qur’an Singosari / ABD HAMID GHUFRON

Ghufron, Abd Hamid (2023) Potret era merdeka belajar bahasa arab kelas x di SMA Darul Qur’an Singosari / ABD HAMID GHUFRON. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret pembelajaran bahasa Arab di Era Merdeka Belajar di SMA Darul Qur rsquo an Singosari Malang yang meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan (3) evaluasi pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi pada RPP buku ajar Bahasa Arab dan nilai. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X dengan jumlah 14 orang 10 laki laki dan 4 perempuan dan seorang guru bahasa Arab di SMA Darul Qur rsquo an Singosari Malang. Hasil penelitian menyatakan bahwa perencanaan dibuat dengan RPP yang memuat identitas kompetensi dasar tujuan pembelajaran media pembelajaran alat/bahan pembelajaran kegiatan pembelajaran yang memuat Langkah pembelajaran dan sesuai dengan konsep kurikulum Merdeka dan berbagai penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Setiap RPP memuat 3 Bab yang disajikan dalam 3 bulan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Arab Program Tahunan dan Program Semester tidak disiapkan. Buku yang dipergunakan adalah oleh Dr. Moch. Wahib Dariyadi M.Pd dan Betric Feriandika M.Pd Cetakan Kelima Mei 2022. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan apa yang disampaikan pada RPP yakni memuat pembuka inti dan penutup. Hasil angket menyatakan bahwa guru menjelaskan materi dengan menyenangkan sekalipun tidak ada media peraga dan selalu diberikan tugas harian beserta hasil dari tugas langsung berupa berbagai apresiasi. Hasil evaluasi pembelajaran dengan system penilaian berdasarkan RPP terdiri dari aspek sikap yang dilakukan dengan teknik penilaian observasi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan dilakukan dengan tes tulis maupun lisan portofolio dan penilaian produk atau proyek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 20 Aug 2025 08:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/380406

Actions (login required)

View Item View Item