Penggunaan strategi bernyanyi untuk penguasaan mufradat siswa kelas 4 madrasah ibtidaiyah / Mashan Ali</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi bernyanyi untuk penguasaan mufradat siswa kelas 4 madrasah ibtidaiyah / Mashan Ali</p>

Ali, Mashan Ali (2024) Penggunaan strategi bernyanyi untuk penguasaan mufradat siswa kelas 4 madrasah ibtidaiyah / Mashan Ali</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan strategi pembelajaran bernyanyi dalam penguasaan mufradat pada salah satu bab di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah yaitu Bab Amali (Cita-cita) serta bagaimana respon dari guru dan peserta didik terhadap proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi pengisian angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilakukan guru untuk melaksanakan pembelajaran ini. Langkah-langkah tersebut sangat penting diperhatikan agar pencapaian pembelajaran bisa maksimal. Adapun pandangan guru terhadap pembelajaran ini adalah dengan strategi bernyanyi ini peserta didik bisa belajar dengan lebih menyenangkan dan semangat. Adapun menurut perspektif peserta didik ada sebanyak 62 65% diantara mereka yang merasa menjadi lebih mudah dalam menghafal mufradat jika pembelajaran dilakukan dengan strategi bernyanyi. Namun ada sebanyak 95% diantara mereka yang merasa pembelajaran menggunakan strategi bernyanyi ini terasa lebih menyenangkan. Artinya walaupun pemahaman yang mereka terima belum maksimal namun strategi bernyanyi ini dapat membantu peserta didik lebih suka belajar Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/380210

Actions (login required)

View Item View Item