Pengaruh metode demonstrasi berbantuan media sempoa terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bilangan bulat 1-10 pada anak tunagrahita di SLB Tunas Harapan iv Sumobito JOMBANG / Jilan Huwaida Ahid</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode demonstrasi berbantuan media sempoa terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bilangan bulat 1-10 pada anak tunagrahita di SLB Tunas Harapan iv Sumobito JOMBANG / Jilan Huwaida Ahid</p>

Ahid, Jilan Huwaida (2024) Pengaruh metode demonstrasi berbantuan media sempoa terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bilangan bulat 1-10 pada anak tunagrahita di SLB Tunas Harapan iv Sumobito JOMBANG / Jilan Huwaida Ahid</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki hambatan intelektual dibawah rata-rata normal kurang mampu dalam hal menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan kurang mampu dalam berfikir hal-hal yang bersifat abstrak sehingga anak tunagrahita memerlukan layanan dan bimbingan secara khusus dari guru atau pembimbing. Data di lapangan menunjukkan bahwa siswa tunagrahita di SLB Tunas Harapan IV Sumobito mengalami kesulitan dalam berhitung penjumlahan. Salah satu metode dan media yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berhitung adalah metode demonstrasi dan media sempoa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode demonstrasi dengan media sempoa yang dapat mengatasi permasalahan berhitung penjumlahan 1-10 pada anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain B-A-A-B. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif selanjutnya diperjelas dengan grafik dan tabel. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita sedang dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan berhitung penjumlahan bilangan 1-10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbantuan media sempoa berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kemampuan subjek setelah diberikan intervensi menggunakan metode demonstrasi berbantuan media sempoa meningkat dibandingkan dengan sebelum diberikan intervensi. Hal tersebut juga masih berlanjut saat setelah diberikan intervensi subjek dapat mengerjakan tes soal berhitung penjumlahan secara mandiri dengan hasil yang baik. Setelah dalam jangka waktu yang cukup lama tidak diberikan intervensi kemampuan subjek kembali menurun. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian intervensi harus dilakukan secara terus-menerus. Sehingga dalam pemberian intervensi yang kedua diketahui bahwa kemampuan subjek kembali meningkat dengan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/379330

Actions (login required)

View Item View Item