Azzahra, Dayang Alifia (2020) Sikap guru terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar Kabupaten Lombok Tengah / Dayang Alifia Azzahra</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ringkasan Azzahra Dayang Alifia. 2024. Sikap Guru Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Kabupaten Lombok Tengah. Skripsi Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ranti Novianti M.Pd (2) Umi Safiul Ummah S.Pd M.Pd Ph.D Kata Kunci Pendidikan Inklusif Sikap Guru Sekolah Dasar Pendidikan inklusif di Indonesia telah diselenggarakan di semua jenjang pendidikan termasuk sekolah dasar. Dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif pada jenjang sekolah dasar di Indonesia masih mengalami beberapa permasalahan utama yaitu terkait dengan tenaga pendidik. Sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kabupaten Lombok Tengah belum memiliki guru pembimbing khusus sehingga tugas dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus harus di berikan oleh guru kelas yang tidak memiliki latar belakang pendidikan khusus. Kondisi ini menyebabkan kurangnya pengetahuan guru mengenai pembelajaran yang sesuai bagi siswa berkebutuhan khusus. Kondisi ini juga dapat menyebabkan timbulnya presepsi guru sehingga dapat mengakibatkan munculnya sikap yang negatif terhadap keberadaan siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Sikap guru terhadap terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif telah diidentifikasi secara internasional sebagai faktor kunci kesuksesan dalam pelaksanaan pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sikap guru terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Lombok tengah berdasarkan aspek kognitif (2) Mengetahui sikap guru terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Lombok tengah berdasarkan aspek afektif (3) Mengetahui sikap guru terhadap pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Lombok tengah berdasarkan aspek perilaku. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel pada penelitian ini adalah 148 guru di sekolah dasar inklusif Kabupaten Lombok Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian untuk mengukur sikap guru terhadap pendidikan inklusif di Indonesia yaitu skala ITAIE. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap guru terhadap pendidikan inklusif di sekolah dasar inklusif Kabupaten Lombok Tengah pada aspek kognitif menunjukkan sikap yang positif dengan persentase 91 2 %. Sementara itu sikap guru pada aspek afektif menunjukan sikap yang positif dengan persentase 77 7% dan sikap guru pada aspek perilaku menunjukkan sikap yang positif dengan persentase 67 7%. Pada penelitian ini ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi sikap guru terhadap pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Lombok Tengah adalah partisipasi guru dalam program pelatihan inklusi dan pengalaman guru berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/379321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |