Pembentukan karakter peserta didik melalui ekstrakurikuler Polisi Cilik di SDN Landungsari 1 Malang / Dinda Davina Armin

Armin, Dinda Davina (2017) Pembentukan karakter peserta didik melalui ekstrakurikuler Polisi Cilik di SDN Landungsari 1 Malang / Dinda Davina Armin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Armin, Dinda Davina. 2017. Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Polisi Cilik di SDN Landungsari 1 Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si, (II) Dr. Juharyanto, M.M, M.Pd. Kata Kunci: karakter, karakter peserta didik, ekstrakurikuler polisi cilik. Kegiatan ÔÇ£polisi cilikÔÇØ merupakan ekstrakurikuler yang menggunakan atribut kepolisian dan diperankan oleh peserta didik Sekolah Dasar (SD) kelas 4 sampai kelas 6. Mereka diajarkan untuk membangun karakter dengan cara kesadaran disiplin, dan beban tanggungjawab dalam berbagai macam kegiatan sehari-hari. ÔÇ£Polisi cilikÔÇØ ini juga mengajarkan nilai luhur kemanusiaan antar sesama agar mampu menjadi mandiri di masa depan serta peduli terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ ini juga merupakan kegiatan yang melibatkan antara pihak sekolah, pihak kepolisian, dan pihak orangtua peserta didik. Kerja sama ini diwujudkan guna membentuk generasi muda yang terdidik mulai dari kecil. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) menggambarkan nilai karakter yang ingin ditanamkan melalui ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, 2) menggambarkan strategi yang dilakukan oleh sekolah untuk membentuk karakter melalui ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, 3) menggambarkan hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, dan 4) menggambarkan solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi hambatan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian berupa perilaku, persepsi, kebiasaan, kegiatan, motivasi yang dijalankan dalam kegiatan ekstrakurikuler polisi cilik di SDN Landungsari 1 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menjaga keabsahan data dengan teknik triangulasi, peningkatan ketekunan dalam penelitian, menggunakan bahan referensi, dan membercheck. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapat empat kesimpulan hasil penelitian yang meliputi: (1) karakter yang terbentuk dari ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ yaitu karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, punya tanggung jawab, menghargai prestasi, punya rasa ingin tahu yang tinggi, peduli lingkungan, peduli sosial, dan mandiri, (2) strategi sekolah dilaksanakan melalui pogram kegiatan ÔÇ£polisi cilikÔÇØ yaitu, kegiatan rutin yang terdiri dari latihan rutin setiap hari senin dan piket menyebrangkan di jalan raya, mengikuti lomba pbb, sosialisasi yang terbagi menjadi sosialisasi wali murid dan sosialisasi anggota ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, serta tampil pada undangan instansi, (3) hambatan ektrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ berasal dari peserta didik, pelatih, dan kondisi cuaca, (4) solusi untuk hambatan peserta didik dapat diatasi dengan memberikan dorongan berupa motivasi dan semangat kepada anggota ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, kemudian solusi untuk pelatih yang jadwalnya padat dapat diatasi dengan koordinasi yang baik, dan untuk pelatih Dikyasa dapat diatasi dengan membagi dua regu ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, serta kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi dapat diatasi dengan latihan di area gazebo. Peneliti menyarankan beberapa hal untuk pihak yang terkait dalam ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, yaitu bagi: (1) Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Polres Malang, untuk terus memperluas dan mengadakan ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ di sekolah lain yang belum melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, (2) Kepala SDN Landungsari 1 Malang diharapkan terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, (3) peserta didik, sebagai acuan dalam memaksimalkan pembentukan karakter diri sendiri serta lebih giat dalam menjalankan kegiatan ÔÇ£polisi cilikÔÇØ, (4) orangtua peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ diharapkan untuk terus mendukung putra-putrinya, dalam arti ikut aktif dalam kegiatan sosialisasi wali murid, (5) peneliti lain diharapkan bisa lebih mengulas tentang nilai karakter yang terbentuk dari ekstrakurikuler ÔÇ£polisi cilikÔÇØ lebih mendalam dengan latar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item