Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Achmad Darojat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Achmad Darojat

Darojat, Achmad (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Achmad Darojat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia pembelajaran Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat membutuhkan kemampuan guru dalam mengelola kelas terutama kemampuan guru dalam memanfaatkan media yang bisa menciptakan suasana aman dan menyenangkan sehingga dapat menarik minat dan mengaktifkan siswa untuk mengikuti pelajaran baik secara mandiri ataupun kelompok. Cara untuk menciptakan suasana aman dan menyenangkan dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis multimedia. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat menarik minat dan mengaktifkan semua siswa. Media pembelajaran yang dimaksud adalah multimedia pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran di kelas V SDI Surya Buana Malang yang sesuai dengan karakteristik siswa berdasarkan tahap-tahap perkembangan anak. Diharapkan multimedia pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengembangkan suatu media pembelajaran diperlukan persiapan dan perencanaan yang teliti. Pengembangan multimedia pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V SD ini menggunakan model pengembangan Sadiman dan dapat diuraikan sesuai dengan tahapan sebagai berikut (1) menganalisis kebutuhan (2) merumuskan tujuan (3) mengembangkan materi (4) mengembangkan alat evaluasi (5) menyusun storyboard (6) memproduksi (7) menyusun pedoman pemanfaatan (8) memvalidasi dan (9) merevisi Hasil akhir dari kegiatan pengembangan ini adalah produk multimedia pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V SD yaitu berupa DVD dan terdiri dari (3) materi (1) petunjuk pemanfaatan (4) gambar (4) teks berjalan (1) video wawancara dan (3) instrumen musik. Secara teknis pengembangan multimedia pembelajaran ini tidak sama dalam hal penerapannya dalam penyampaian materi pengajaran yang akan diberikan kepada siswa. Pengembangan multimedia pembelajaran ini menyangkut materi-materi Bahasa Indonesia yang telah diringkas sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipahami oleh siswa-siswi kelas V SD. Hasil uji coba pengembangan Multimedia pembelajaran pada ahli media sebesar 77 5% (cukup valid). Data Hasil uji coba kevalidan dan pengembangan metode multimedia pembelajaran pada ahli materi sebesar 85% (valid). Sedangkan data hasil uji coba kevalidan dan pengembangan metode multimedia pembelajaran pada audiens atau responden sebesar 96% (valid) dan hasil uji coba audiens kelompok kecil sebesar 99% (valid). Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut masuk dalam keterangan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V SD. Namun media ini masih mempunyai beberapa kekurangan sehingga dapat dilakukan revisi berdasarkan masukan-masukan dari audiens dengan tujuan agar diperoleh hasil yang lebih baik. Berdasarkan kelemahan dan kelebihan yang dimiliki produk multimedia pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V SD ini disarankan perlu dilakukan uji coba yang lebih besar dan waktu pembelajaran selama satu semester untuk mendapatkan tingkat keefektifan dan efisiensi yang lebih baik memperkaya fitur-fitur yang ada dalam multimedia pembelajaran tersebut agar selanjutnya multimedia pembelajaran ini dapat dimanfaatkan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item