Akbar, Ghilman Fahmi Al (2017) Layanan transportasi gratis dan kepuasan siswa SMA Negeri se3-Kota Mojokerto / Ghilman Fahmi Al Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Akbar Ghilman Fahmi Al. 2016. Layanan Transportasi Gratis dan Kepuasan Siswa SMA Negeri Se-Kota Mojokerto. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Burhanuddin M.Ed PhD (II) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. Kata kunci faktor kepuasan layanan transportasi Layanan transportasi sekolah merupakan salah satu kebutuhan layanan khusus yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan angkutan peserta didik untuk berpergian pulang dari dan menuju sekolah. Terdapat beberapa permasalahan muncul ketika transportasi sekolah mulai akan diadakan oleh sekolah antara lain yaitu minimnya anggaran dalam memenuhi kebutuhan transportasi sekolah kurangnya armada transportasi sekolah kurangnya partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya mengenai transportasi sekolah belum meratanya layanan transportasi sekolah disetiap sekolah mahalnya biaya layanan tranportasi sekolah bagi siswa yang tidak mampu. Berdasarkan permasalahan tersebut Pemerintah Kota Mojokerto melakukan sebuah terobosan yaitu menyediakan angkutan sekolah gratis sebanyak 10 armada dengan dibagi menjadi 5 trayek. Walikota Mojokerto mengungkapkan bahwa pengadaan transportasi ini juga untuk menghindari kecelakaan pelajar dan juga untuk mengurangi kemacetan oleh pengguna kendaraan pribadi. Dengan adanya kebijakan Pemerintah Kota Mojokerto mengenai pengadaan angkutan sekolah gratis ini dapat memberikan pelayanan maksimal kepada peserta didik sehingga mampu menunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan layanan transportasi sekolah gratis di SMA Negeri se Kota Mojokerto (2) mendeskripsikan seberapa tinggi kepuasan peserta didik terhadap penerapan sistem layanan transportasi sekolah gratis di SMA Negeri se Kota Mojokerto serta (3) mendeskripsikan faktor kepuasan peserta didik terhadap penerapan sistem layanan transportasi sekolah gratis di SMA Negeri se Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan teknik angket dan wawancara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMAN se-Kota Mojokerto yang menggunakan layanan transportasi sekolah gratis. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah kombinasi dari teknik deskriptif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) layanan angkutan sekolah gratis dilaksanakan di wilayah Kota Mojokerto sampai tahun2016. Pemerintah Kota menyediakan layanan tersebut untuk beberapa rute perjalanan yaitu menggunakan multiple routes karena melewati lebih dari satu perjalanan. Jam beroperasi angkutan sekolah Mojokerto dilakukan secara sistematis dimulai pada pukul 06.00 - 07.00 WIB bertepatan dengan para peserta didik yang berangkat ke sekolah dan pada pukul 12.30 14.30 WIB mereka beroperasi kembali untuk menjemput para peserta didik yang pulang sekolah (2) faktor kepuasan peserta didik terhadap layanan transportasi sekolah gratis SMA Negeri se Kota Mojokerto yaitu a) faktor kelengkapan fasilitas dan kenyamanan transportasi b) faktor kapasitas dan keandalan layanan transportasi c) faktor aksebilitas dan keselamatan layanan transportasi sekolah d) faktor kecepatan dan ketepatan layanan transportasi dan e) faktor fleksibilitas pelayanan transportasi sekolah (3) Tingkat kepuasan peserta didik terhadap layanan transportasi sekolah gratis SMA Negeri se Kota Mojokerto ada pada kategori tingkat kepuasan yang tinggi. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi Dinas Perhubungan Kota Mojokerto diharapkan untuk menambah jumlah armada angkutan sekolah gratis agar mencukupi kebutuhan mengingat saat pagi hari peserta didik harus datang tepat waktu ke sekolah. Selain itu penggunaan angkutan sekolah gratis Kota Mojokerto sebaiknya juga diperuntukkan untuk anak Sekolah Dasar minimal kelas 4 5 dan 6 agar penggunaan angkutan sekolah gratis Kota Mojokerto lebih maksimal (2) Bagi Kepala Sekolah se-Kota Mojokerto diharapkan turut bekerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk menghimbau seluruh siswanya agar wajib menggunakan fasilitas angkutan sekolah gratis Kota Mojokerto sehingga tujuan Pemerintah Kota Mojokerto dalam mengurangi angka kecelakaan siswa sekolah dapat tercapai (3) Bagi Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan dengan mengetahui faktor-faktor kepuasan tentang layanan transportasi sekolah serta keterbatasan peneliti dalam mendapatkan buku sumber disarankan agar Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan dapat mengkaji lebih dalam lagi mengenai layanan transportasi sekolah untuk dijadikan sebuah bahan penelitian ataupun jurnal pendidikan (4) Bagi peneliti lain setelah dianlisis dan dihasilkan lima faktor baru yaitu a) faktor kelengkapan fasilitas dan kenyamanan transportasi b) faktor kapasitas dan keandalan layanan transportasi c) faktor aksebilitas dan keselamatan layanan transportasi sekolah d) faktor kecepatan dan ketepatan layanan transportasi dan e) faktor fleksibilitas pelayanan transportasi sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan bagi peneliti lain agar dapat melanjutkan penelitian dengan memfokuskan pada faktor yang sama tetapi diarahkan kepada anggota kembali lima faktor tersebut apakah benar-benar berpengaruh terhadap kepuasan layanan transportasi sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |