Hubungan kualitas layanan angkutan Kota dengan kepuasan dalam mengangkut siswa di kota Malang / Anggar Dwi Merdekasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kualitas layanan angkutan Kota dengan kepuasan dalam mengangkut siswa di kota Malang / Anggar Dwi Merdekasari

Merdekasari, Anggar Dwi (2017) Hubungan kualitas layanan angkutan Kota dengan kepuasan dalam mengangkut siswa di kota Malang / Anggar Dwi Merdekasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Merdekasari Anggar Dwi. 2016. Hubungan Kualitas Layanan Angkutan Kota dengan Kepuasan dalam Mengangkut Siswa di Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Bambang Setyadin M.Pd. (II) Wildan Zulkarnain S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kualitas pelayanan kepuasan siswa Terdapat banyak lembaga pendidikan di Kota Malang baik lembaga pendidikan swasta maupun negeri. Oleh sebab itu peran angkutan umum untuk mengangkut para siswa di Kota Malang sangat penting. Hal ini mendorong pemerintah daerah terus mengupayakan penyediaan sarana dan prasarana kota untuk memberikan pelayanan transportasi guna mendukung kegiatan masyarakat di Kota Malang. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan pemerintah daerah demi melancarkan mobilitas masyarakat adalah jasa angkutan umum. Kenyamanan pengguna angkutan umun sangat berpengaruh terhadap kegiatan sehari-harinya. Jika para siswa yang menggunakan angkutan umum tidak nyaman dalam pelayanannya maka dapat berakibat pada kegiatan siswa seperti mengurangi konsentrasi dalam proses belajar karena sering terlambat datang ke sekolah dan mendapatkan hukuman dari pihak sekolah sehingga dapat tertinggal pelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tingkat kualitas layanan Angkutan Kota (Angkot) Malang menurut persepsi siswa menjelaskan tingkat kepuasan siswa dalam persepsinya terhadap layanan Angkot Malang dan menemukan hubungan antara kualitas layanan Angkot Malang dan tingkat kepuasan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis regresi ganda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket dengan populasi siswa sekolah menengah pengguna layanan Angkot. Pengambilan sampel menggunakan teknik time sampling dengan jumlah responden sebanyak 129 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian meunjukkan bahwa bukti fisik kualitas layanan Angkot dalam kategori sedang bahwa keandalan kualitas layanan Angkot dalam kategori sedang bahwa daya tanggap layanan Angkot dalam kategori sedang bahwa jaminan kualitas layanan Angkot dalam kategori sedang bahwa empati kualitas layanan Angkot dalam kategori sedang bahwa kepuasan siswa terhadap layanan Angkot rendah secara simultan bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan empati berpengaruh terhadap kepuasan siswa secara simultan bukti fisik tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa secara partial keandalan tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa secara partial daya tanggap tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa secara partial jaminan tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa dan secara partial empati tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya dapat mengetahui pentingnya angkutan massal bagi siswa serta melakukan pengadaan transportasi massal untuk siswa seperti mobil sekolah atau bus sekolah (2) Bagi Kepala Dinas Perhubungan Kota hendaknya kinerja dinas perhubungan bagian angkutan ditingkatkan seperti melakukan pengawasan dan pengendalian bagi angkutan massal serta melakukan kegiatan temuwicara dengan pengelola angkutan untuk meningkatkan keselamatan penumpang (3) Bagi polisi pengatur lalulintas jalan hendaknya dapat mengatur lalulintas di depan sekolah terutama mengatur angkot yang berhenti di depan sekolah saat jam masuk dan jam pulang sekolah agar lalulintas di jalan raya lancar (4) Bagi Pengelola Bus Halokes Kota Malang hendaknya rute bus-bus Halokes ditambah agar siswa-siswa yang letak rumahnya jauh dari sekolah dapat merasakan fasilitas bus tersebut (5) Bagi dosen Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara menemukan apa saja permasalahan yang dialami oleh siswa dalam hal transportasi sekolah serta dapat mencari solusi dari masalah tersebut (6) Bagi kepala sekolah hendaknya dapat mengetahui bahwa siswa tidak hanya memerlukan fasilitas di dalam lingkungan sekolah saja tetapi juga memerlukan fasilitas di luar lingkungan sekolah seperti transportasi sekolah sehingga para kepala sekolah dapat membuat program sekolah yaitu pengadaan transportasi sekolah seperti mobil sekolah atau Bus sekolah (7) Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian lain mengenai transportasi misalnya mengenai Bus Halokes Malang menggunakan variabel terikat kualitas layanan yaitu bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan empati serta variabel bebas yaitu tingkat kepuasan siswa (8) Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian lain mengenai transportasi misalnya mengenai Bus Halokes Malang menggunakan variabel terikat kualitas layanan yaitu bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan empati serta variabel bebas yaitu tingkat kepuasan siswa dan (9) Bagi para pengguna Angkot hendaknya dapat mengkritik kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan layanan Angkot seperti para pengusaha Angkot dan Dinas Perhubungan Kota agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan Angkot seperti perbaikan fisik Angkot peningkatan keamanan Angkot kepedulian sopir untuk berinteraksi dengan pengguna Angkot sehingga banyak masyarakat yang mau naik Angkot untuk transportasi dan dapat mengurangi masyarakat pengguna kendaraan pribadi yang dapat menyebabkan kemacetan di jalan raya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item View Item