Pengelolaan peserta didik di lembaga kursus bahasa Inggiris (studi kasus di Basic English Course Pare Kabupaten Kediri) / Herman Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan peserta didik di lembaga kursus bahasa Inggiris (studi kasus di Basic English Course Pare Kabupaten Kediri) / Herman Susanto

Susanto, Herman (2016) Pengelolaan peserta didik di lembaga kursus bahasa Inggiris (studi kasus di Basic English Course Pare Kabupaten Kediri) / Herman Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Susanto Herman. 2016. Pengelolaan Peserta Didik Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris (Studi Kasus Di Basic English Course Pare Kediri). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (2) Teguh Triwiyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pengelolaan Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris Pengelolaan peserta didik keberadaanya sangat dibutuhkan di lembaga pendidikan karena memiliki fungsi untuk mengatur kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan yang ada dapat menunjang proses belajar mengajar di sebuah lembaga kursus Bahasa Inggris berjalan lancar tertib teratur sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan dalam lembaga kursus dan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan evaluasi serta upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan pengelolaan peserta didik pada lembaga kursus Bahasa Inggris BEC. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Perencanaan peserta didik di lembaga kursus Bahasa Inggris BEC (2) Pelaksanaan peserta didik di lembaga kursus Bahasa Inggris BEC (3) Evaluasi peserta didik di lembaga kursus Bahasa Inggris BEC (4) Hambatan-hambatan dalam pengelolaan peserta didik di lembaga kursus Bahasa Inggris BEC dan (5) Upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam peserta didik di lembaga kursus Bahasa Inggris BEC. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi analisis data bersifat induktif/kualitatif menggunakan analisis interaktif model Mills dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data kondensasi data penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan pengelolaan peserta didik pada lembaga kursus Bahasa Inggris BEC meliputi kegiatan analisis kebutuhan peserta didik merencanakan program pembelajaran/ kursus. Pelaksanaan pengelolaan peserta didik di Lembaga Kursus Bahasa Inggris BEC meliputi rekruitmen peserta didik Seleksi peserta didik orientasi peserta didik penempatan peserta didik pencatatan dan pelaporan kegiatan kursus Pengelompokan peserta didik Pembinaan dan pengembangan peserta didik. Evaluasi pengelolaan peserta didik pada lembaga kursus Bahasa Inggris BEC meliputi evaluasi kebutuhan peserta didik dengan komponen kebutuhan dan kesesuaian kurikulum pembiayaan tenaga pelaksana dan sarana prasarana. Faktor penghambat diantaranya berasal dari pemerintah dan lingkungan masyarakat. Dari hasil penelitian maka disarankan bagi pihak tentor untuk meningkatkan penguasaan materi dan lebih berinovasi lagi dalam menciptakan teknik pembelajaran. Selain itu disarankan bagi lembaga untuk bermitra dengan lembaga atau alumni untuk membuka cabang baru. Penelitian ini memberikan saran kepada (1) Ditjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud RI hasil penelitian dapat dijadikan sebuah model pengelolaan lembaga pendidikan nonformal karena pengelolaan peserta didik di BEC sudah berjalan dengan baik. (2) Direktur Lembaga Kursus Bahasa Inggris BEC hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sudah berjalan dengan baik sehingga harus dipertahankan dan dikembangkan lagi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. (3) Jurusan Administrasi Pendidikan hasil ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk studi banding atau kegiatan PPL sehingga dapat memberikan pengetahuan terkait pengelolaan peserta didik pada lembaga nonformal. (4) Mahasiswa hasil penelitian dapat dijadikan kajian referensi untuk melakukan penelitian serupa dengan objek lembaga kursus lainnya sebagai pembanding pelaksanaan pengelolaan peserta didik diberbagai lembaga kursus yang ada. (5) Peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memperluas materi kepustakaan bidang manajemen pendidikan khususnya pada Manajemen Peserta Didik (MPD) dilingkungan lembaga pendidikan yang mungkin dapat digunakan peneliti melakukan penelitian dengan bahasan yang sama mengenai pengelolaan peserta didik. Hasil penelitian juga dapat dijadikan sebagai referensi dan mendukung penelitian yang akan dilakukan selanjutnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3778

Actions (login required)

View Item View Item