Manajemen pembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja' Blitar / Deviana Ika Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja' Blitar / Deviana Ika Maharani

Maharani, Deviana Ika (2016) Manajemen pembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja' Blitar / Deviana Ika Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Deviana Ika. 2016. Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja Blitar.Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Huda A.Y. M.Pd (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd Kata Kunci manajemenpembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja Blitar. Pendidikan merupakan usaha suatu kelompok masyarakat atau bangsa untuk mengembangkan kemampuan generasi muda mengenalidanmenghayatinilai-nilaikebaikandankemulianhidupmelaluipotensidan transformasi budaya masyarakat.Perubahan sosial budaya politik ekonomi dan IPTEK memberikan pengaruh terhadap format baru pembelajarandi sekolah.Dalam kehidupan suatu negara pendidikan memegang peran penting untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Pendidikan di Indonesia dibagi menjadi tiga sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 pasal 13 yaitu pendidikan formal nonformal dan informal. Pendidikan formal meliputi sekolah atau madrasah pendidikan nonformal seperti Pondok Pesantren diniyah dan kursus serta pendidikan informal meliputi pendidikan di dalam keluarga. Adanya pendidikan nonformal bertujuan untuk mengganti menambah dan melengkapi pendidikan formal. Pendidikan nonformal pada umumnya tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran pada pendidikan formal. Pada pembelajaran juga dibutuhkan manajemen yang baik. Manajemen pembelajaran tersebut meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Hal ini dikarenakan keberhasilan pembelajaran tergantung dari bagaimana seorang pemimpin bisa mengatur manajemen pembelajaran dengan baik mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga evaluasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja Blitar. Subfokus pada penelitian ini adalah (1) Perencanaan Pembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja (2) Pelaksanaan Pmbelajaran Pondok Pesantren Darur Roja (3) Evaluasi Pembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja . Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darur Roja Blitar dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan (1) wawancara (2) observasi berperan serta (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut diorganisasi dan dianalisis dengan teknik analisis data studi kasus. Keabsahan data dicek dengan menggunakan kredibilitas data diantaranya ketekunan pengamatan teknik trianggulasi sumber dan teknikmember check juga dilakukan dependablititas dan konformabilitas data. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut pertama Perencanaan pembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja secara prinsip dilengkapi silabus dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tetapi belum didokumentasikan Pondok Pesantren Darur Roja merupakan jenis pendidikan keagamaan yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan nonformal sehingga silabus dan RPP tidak harus mengacu pendidikan formal.Kedua Pelaksanaan proses belajar mengajar dilaksanakan setiap hari Sabtu-Kamis dimulai dengan pembukaan atau salam ustadz menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Metode penyampaian materi memakai sorogan dan wetonan dan diakhiri dengan tanya jawab. Ustadz menutup proses belajar mengajar dengan berdoa bersama dan mengucap salam penutup. Ketiga Evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi formatif yaitu penilaian berupa tes yang dilakukan setelah satu pokok bahasan selesai dipelajari santri dan evaluasi sumatif yaitu penilaian berupa tes yang dilaksanakan setelah proses belajar mengajar selesai dalam jangka waktu tertentu yaitu satu semester. Dari hasil penelitian ini disarankan berikut (1) Pengasuh Pondok Pesantren Darur Roja Blitar untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan terhadap manajemen pembelajaran (2) Ustadz dan Ustadzah Pondok Pesantren Darur Roja untuk mengkaji lebih dalam strategi meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran (3) Jurusan Administrasi Pendidikan mengkaji tentang manajemen dilembaga nonformal (4) disarankan bagi peneliti lain agar dapat meneliti manajemen pembelajaran dari subtansi lain dengan latar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item